ANALISA KUALITAS JASA PENDIDIKAN PROGRAM KELAS KARYAWAN MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS MERCU BUANA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA

SUSILO, UNANG (2007) ANALISA KUALITAS JASA PENDIDIKAN PROGRAM KELAS KARYAWAN MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS MERCU BUANA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
TESIS UNANG COVER.pdf

Download (786kB)
[img] Text (Abstrak)
TESIS UNANG ABSTRAK.pdf

Download (680kB)
[img] Text (Abstract)
TESIS UNANG ABSTRACT.pdf

Download (680kB)
[img] Text (Lembar Pengesahan)
TESIS UNANG LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (679kB)
[img] Text (Kata Pengantar)
TESIS UNANG KATA PENGANTAR.pdf

Download (774kB)
[img] Text (Daftar Tabel)
TESIS UNANG DAFTAR TABEL.pdf

Download (774kB)
[img] Text (Daftar Lampiran)
TESIS UNANG DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (773kB)
[img] Text (Bab 1)
TESIS UNANG BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
TESIS UNANG BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
TESIS UNANG BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
TESIS UNANG BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Bab 5)
TESIS UNANG BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
TESIS UNANG DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text (Lampiran)
TESIS UNANG DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)

Abstract

Persaingan global sudah melanda dunia pendidikan. Setiap tahun, saat lulusan SMA dan SMK bersaing untuk mendapatkan institusi pilihan, perguruan tinggi pun berlomba-lomba mempromosikan diri dan menjaring calon-calon mahasiswa potensial baik secara akademis atau finansial. Persaingan pada perguruan tinggi di Indonesia tidak hanya dilakukan oleh perguruan tinggi swasta (PTS) lokal, namun perguruan tinggi luar pun tidak mau kalah.Berbagai upaya pemasaran dilakukan untuk menarik minat calon mahasiswa untuk belajar. Salah satu Perguruan Tinggi di Jakarta adalah Universitas Mercu Buana (UMB) yang telah mengembangkan Program Kelas Karyawan (PKK) khususnya program Magister Manajemen. Agar dapat memenangkan persaingan, maka perlu diadakan perbaikan- perbaikan dalam hal layanan kepada mahasiswa sebagai pemakai jasa pendidikan. Untuk itu diperlukan suatu riset untuk mengukur kualitas jasa pendidikan Program Kelas Karyawan Magister Manajemen Universitas Mercu Buana terhadap kepuasan mahasiswa. Secara umum maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa Kualitas Jasa Pendidikan Program Kelas Karyawan Magister Manajemen Universitas Mercu Buana terhadap Kepuasan Mahasiswa. Diteliti dari aspek Dosen, Produk, Biaya, Fasilitas dan Staf. Juga untuk mengetahui faktor- faktor apa sajakah yang ada pada Kualitas Jasa Pendidikan Program Kelas Karyawan Magister Manajemen Universitas Mercu Buana. Sample yang yang diambil dalam penelitian sebanyak 87 responden yang terdiri 37 responden Kampus Meruya, 34 responden Kampus Menteng dan 16 responden Kampus Depok. Hasil perhitungan korelasi Kualitas Jasa Pendidikan terhadap Kepuasan Mahasiswa didapat bahwa korelasi antara Kualitas Jasa Pendidikan dan Kepuasan Mahasiswa, adalah signifikan level 0.01 < 0.05, berarti hasil analisa hipotesa terbukti bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas jasa pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa. Dari perhitungan korelasi diperoleh koefisien sebesar 0.597 yang berarti setiap kenaikan atau penurunan kualitas jasa pendidikan (X) maka akan berbanding lurus dengan kenaikan atau penurunan kepuasan mahasiswa (Y). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya didapat kesimpulan bahwa ada hubungan yang kuat antara Kualitas Jasa Pendidikan dengan Kepuasan Mahasiswa dan ada hubungan anatara faktor-faktor Kualitas Jasa Pendidikan Program Kelas Karyawan Magister Manajemen Universitas Mercu Buana. Global competition has penetrated the education. Every year, graduates of SMA and SMK are struggling to get the best educational institution, and therefore colleges and universities are competing to get potential students through various academic or financial efforts. The competition occurs not only from private universities in Indonesia but also from international universities. Various marketing efforts have been made to attract the interest of potential students to study. One of the universities in Jakarta is Universitas Mercu Buana (UMB) which has developed special classes for employees i.e. Program Kelas Karyawan particularly at Master’s Level (Magister Management). To win the competition, improvements should be made in terms of services to the students as the service users. It is therefore a need to perform a research to measure the service quality of this program from the perspective of the students as the users. In general, this research is aimed to analyze Service Quality of the Master’s Program at Universitas Mercu Buana in line with the students’ satisfaction. The service quality includes various aspects such as Lecturer, Product, Expenses, Staff And Facilities in addition to know what factors are in existence in Education Service Quality at this Master’s Program. 87 respondents were taken as the sample which consist of 37 respondents from Meruya Campus, 34 respondents from Menteng Kampus and 16 respondents from Depok Campus. Correlation analysis of the quality of service of education to the students’ satisfaction has been performed and was found significant at level 0.01 < 0.05, meaning result of analysis of hypothesizing has been proved. It means there is a strong relationship between the two. From calculation of correlation obtained by coefficient of 0.597 meaning each time there is an increase or degradation of quality of education service (X) hence will compare diametrical with increase or degradation of student satisfaction (Y).Jakarta,

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-036
NIM/NIDN Creators: 55105110105
Uncontrolled Keywords: universitas, kepuasan mahasiswa, kualitas jasa pendidikan, mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 11 Jun 2022 02:52
Last Modified: 18 Jul 2022 06:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63141

Actions (login required)

View Item View Item