PENGELOLAAN CUSTOMER ENGAGEMENT PADA MEDIA SOSIAL UNTUK MEMBIDIK PASAR MILENIAL PADA TAHUN 2019 (Studi Kasus Pengelolaan Konten Promosi Instagram Labalaba Periode September 2018 – Maret 2019)

CHRISTYANTI, DIAN AGATA (2020) PENGELOLAAN CUSTOMER ENGAGEMENT PADA MEDIA SOSIAL UNTUK MEMBIDIK PASAR MILENIAL PADA TAHUN 2019 (Studi Kasus Pengelolaan Konten Promosi Instagram Labalaba Periode September 2018 – Maret 2019). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3_SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5_KATA PENGANTAR.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6_DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7_DAFTAR TABEL.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8_DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB II)
10_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB III)
11_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB IV)
12_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)
[img] Text (BAB V)
13_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)

Abstract

Managing customer engagement is a very important process in marketing online. Labalaba is a business market leader engaged in goods repair services for more than 100 years. Labalaba seeks to begin managing customer engagement in new markets, namely Millennial generation. This study aims to find out how to use Instagram social media content in managing customer engagement on a brand with Millennial generation customers. The theory used is the theory of Sashi (2012) a brand can use social media as a tool to manage customer engagement. So there is a relationship between management social media and customer engagement. This research uses the constructivist paradigm, a qualitative approach and is a case study. Data collection is done by primary and secondary data techniques. Primary data obtained from interviews with several informants and secondary data obtained from the archives and data owned by the company, such as websites, and Instagram @ labalabaid account reports. The results of this study indicate that in managing customer engagement on Instagram social media especially to target Millennials, there needs to be management of insights built from the audience itself. From insight that, a brand can create content that builds engagement with its audience. The promotional content technique chosen by is Labalaba softselling. Wich one prefers the value of the product or service offered. Keywords: Customer Engagement, Social Media Marketing, Millenials Generation. Pengelolaan customer engagement menjadi proses yang sangat penting dalam melakukan pemasaran secara online. Labalaba merupakan market leader usaha yang bergerak dalam bidang jasa reparasi barang selama lebih dari 100 tahun. Labalaba berupaya untuk mulai mengelola customer engagement pada pasar baru yakni generasi Milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan konten sosial media Instagram dalam mengelola customer engagement pada suatu brand dengan pelanggan generasi Milenial. Teori yang digunakan adalah teori Sashi (2012) sebuah brand dapat menggunakan social media sebagai alat untuk mengelola customer engagement. Sehingga ada hubungan antara pengelolaan social media dan customer engagement. Penelitian ini menggunakan paradigma Kontruktivisme, pendekatan kualitatif dan bersifat studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari hasil wawancara oleh beberapa informan dan data sekunder didapatkan dari arsip dan data yang dimiliki perusahaan, seperti website, dan laporan akun Instagram @labalabaid. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pengelolaan customer engagement pada sosial media Instagram khususnya untuk membidik Generasi Milenial, perlu ada pengelolaan dari insight-insight yang dibangun dari audience itu sendiri. Dari insight itulah, sebuah brand dapat membuat konten yang membangun engagement dengan audiencenya. Teknik konten promosi yang dipilih oleh Labalaba adalah softselling. Yang dimana lebih mengutamakan value dari produk atau jasa yang ditawarkan. Kata Kunci: Customer Engagement, Sosial Media Marketing, Generasi Milenial.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 20 072
Call Number: SK/43/21/077
NIM/NIDN Creators: 44315120022
Uncontrolled Keywords: Customer Engagement, Sosial Media Marketing, Generasi Milenial.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 May 2022 04:25
Last Modified: 16 Feb 2023 01:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61167

Actions (login required)

View Item View Item