ANALISIS LAYANAN TRANSJAKARTA BERDASARKAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM DITJEN PERHUBUNGAN DARAT DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (STUDI KASUS : KORIDOR 5 RUTE KAMPUNG MELAYU – ANCOL)

ANDESIA, PADAL (2020) ANALISIS LAYANAN TRANSJAKARTA BERDASARKAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM DITJEN PERHUBUNGAN DARAT DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (STUDI KASUS : KORIDOR 5 RUTE KAMPUNG MELAYU – ANCOL). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
00. Halaman Judul.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03. Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02. Lembar Pernyataan.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
01. Lembar Pengesahan.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04. Kata Pengantar.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05. Daftar Isi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07. Daftar Tabel.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
06. Daftar Gambar.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB II)
09. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB III)
10. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB IV)
11. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img] Text (BAB V)
12. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)

Abstract

As the population grows and the economic level of Jakarta cities makes the movement of people increas. Provision of mass transit or APTB Trasnjakarta bus is needed to anticipate the congestion that will occur by providing a cheap, fast and safe bus can be an alternative. Therefore, it is necessary to conduct research to assess the performance and quality of service to know how much level of passenger satisfaction to services performance Transjakarta bus route Kampung Melayu - Ancol. Data collection techniques are carried out by direct observation to obtain the results of operational performance, interviews, and questionnaires, to obtain primary data, while for secondary data derived from the Department of Land Transportation Standards, by comparing the Minimum Service Standards with results obtained in the field. Importance Perfomance Analysis (IPA) is used to measure the level of passenger satisfaction over the performance of TransJakarta Buses From the analysis of the results of the Questionnairies with reference to 5 dimensions of service levels that can be from Transjakarta Bus users route Kampung Melayu - Ancol which states the performance of Bus Transjakarta is Very Good (VB), equal to 6,15%, Good (G) is 40,46%; Good enough (GE) gained of 35%. Less Good (LG) gained 15,62% and Not Good (NG) obtained by 2,77%. Statistic tests came back that the data in the C quadrant of security (dimensi assurance) ware top priority to repair. This research is expected to be a reference or as consideration government of Jakarta in taking a policy, so the performance and service of Transjakarta bus is increasing for reducing congestion in Jakarta city. Keywords: Trasjakarta Bus, Kampung Melayu – Ancol, Impotance Performance Analysis (IPA), Minimum Service Standards Seiring berkembangnya penduduk dan tingkat ekonomi kota Jakarta membuat pergerakan masyarakat di dalamnya meningkat. Penyediaan angkutan massal atau APTB bus Trasnjakarta sangatlah diperlukan guna mengantisipasi kemacetan yang akan terjadi dengan menyediakan tipe bus yang murah, cepat dan aman ini bisa menjadi alternatif. Oleh karena itu perlu di lakukan penelitian untuk menilai kinerja dan kualitas pelayanan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan kinerja Bus Transjakarta rute Kampung Melayu - Ancol. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung untuk mendapatkan hasil kinerja operasional, dan penyebaran kuisioner, untuk mendapatkan data kepuasan penumpang terhadap pelayanan. Sebagai acuan kinerja operasional digunakan Standar Pelayanan Minimum yang digunakan oleh Departemen Perhubungan Darat. Sedangkan untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang atas kinerja Bus TransJakarta yaitu menggunakan Importance Perfomance Analisis (IPA) dan uji statistik. Dari analisis hasil kuisoner dengan mengacu 5 dimensi mengenai tingkat pelayanan yang di dapat dari pengguna Bus Transjakarta rute Kampung Melayu - Ancol, yang menyatakan kinerja Bus TransJakarta Sangat Bagus (SB) di dapat sebesar 6,15 %, kemudian yang menjawab Bagus (B) didapat sebesar 40,46 % ; Cukup Bagus (CB) didapat sebesar 35 %; Kurang Bagus (KB) didapat sebesar 15,62 % dan Tidak Bagus (TB) didapat sebesar 2,77 %. Hasil uji statistik ditemukan bahwa data yang berada di kuadran A yaitu tentang keamanan (dimensi jaminan dan kepastian) merupakan prioritas utama untuk ditingkatkan. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi atau bahan pertimbangan Pemerintah kota Jakarta untuk mengambil sebuah kebijakan agar kinerja dan pelayanan bus Transjakarta semakin meningkat dalam mengurangi kemacetan di kota Jakarta. Kata Kunci : Bus Trasjakarta, Kampung Melayu – Ancol, Impotance Performance Analysis (IPA), Standar Pelayanan Minimum

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 20 054
NIM/NIDN Creators: 41117120110
Uncontrolled Keywords: Bus Trasjakarta, Kampung Melayu – Ancol, Impotance Performance Analysis (IPA), Standar Pelayanan Minimum
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.3 Vehicular Transportation/Transportasi kendaraan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Apr 2022 07:55
Last Modified: 14 Dec 2022 01:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59688

Actions (login required)

View Item View Item