AKTIVITAS KOMUNIKASI PERSUASIF PADA CELEBRITY ENDORSER DI INSTAGRAM DALAM KEGIATAN ENDORSEMENT (Studi pada Instagram Amel dan Febi)

AMELIA, NISA RIKA (2021) AKTIVITAS KOMUNIKASI PERSUASIF PADA CELEBRITY ENDORSER DI INSTAGRAM DALAM KEGIATAN ENDORSEMENT (Studi pada Instagram Amel dan Febi). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover - Nisa Rika Amelia.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 bab 1 - Nisa Rika Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB II)
03 bab 2 - Nisa Rika Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB III)
04 bab 3 - Nisa Rika Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (BAB IV)
05 bab 4 - Nisa Rika Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB V)
06 bab 5 - Nisa Rika Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pusaka - Nisa Rika Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran - Nisa Rika Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Celebrity endorsers on Instagram are called celebgrams. Celebgrams have a responsibility to convey messages well to their followers. But the method is not easy. Selebgram Amel has shortcomings in the content of the message he wants to convey and Febi lacks in knowing his followers. The purpose of this research is to find out what kind of activities are used by these two programs in carrying out endorsement activities. Endorsement activities require a communication strategy. The first stage is to build a celebrity's personal branding. The second stage is to know the audience, the third stage is to determine the purpose of the endorsement, the fourth stage is to formulate the message in a persuasive message style. And the last step is choosing the right media. This study uses a constructivist paradigm with descriptive research type using qualitative research methods. Data collection techniques through in-depth interviews and literature study in the form of books and relevant research references, internet, and documentation. The technique of checking the validity of the data used source triangulation. The research results obtained from this study are about the activities of Amel and Febi's celebrities in endorsement activities using communication strategy steps. The strategy used is to use persuasive techniques with the aim that the information provided can be well received by followers. Key Words: Celebrity Endorser, Communication Strategy, Endorsement) Celebrity endorser di dalam instagram dinamakan selebgram. Selebgram memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan pesan dengan baik untuk followersnya. Namun caranya tidak mudah. Selebgram Amel memiliki kekurangan terhadap isi pesan yang ingin disampaikannya dan Febi kekurangan dalam mengenal para followersnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas seperti apa yang digunakan kedua selebgram ini dalam melakukan kegiatan endorsement. Aktivitas endorsement membutuhkan sebuah strategi komunikasi. Tahap pertama adalah membangun personal branding seorang selebgram. Tahap kedua adalah mengenal khalayaknya, tahap ketiga menetapkan tujuan dari endorsement tersebut, tahap keempat adalah menyusuan pesan dengan gaya pesan persuasif. Dan tahap terakhir adalah memilih media yang tepat. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan tipe penelitian deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi kepustakaan berupa buku dan rujukan penelitian yang relevan, internet, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah mengenai aktivitas selebgram Amel dan Febi dalam kegiatan endorsement dengan menggunakan langkahlangkah strategi komunikasi. Strategi yang digunakan ini adalah dengan menggunakan Teknik yang persuasif dengan tujuan informasi yang diberikan dapat diterima baik oleh para followersnya. Kata kunci: Celebrity Endorser, Strategi Komunikasi, Endorsement

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44218110147
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorser, Strategi Komunikasi, Endorsement
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:38
Last Modified: 18 Mar 2022 02:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58269

Actions (login required)

View Item View Item