HUSEIN, REVVY FACHLEVY (2020) PENGARUH MENONTON TRAILER FILM GUNDALA DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MINAT MENONTON DI BIOSKOP (SURVEY TERHADAP MAHASISWA JURUSAN BROADCASTING UNIVERSITAS MERCU BUANA ANGKATAN 2015). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HALAMAN COVER)
1. COVER.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4.ABSTRAK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2.SURAT PERNYATAAN.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (42kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
10.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text (BAB 2)
11.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
Text (BAB 3)
12.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
Text (BAB 4)
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
||
Text (BAB 5)
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
Abstract
Current technological advances make delivery of information and messages have improved, not only depend on electronic and print media, but also through social media, one of which is YouTube that now used as something new to promote their film industry. This research is conducted to find out whether the movie trailer of Gundala on YouTube social media can gives interest in watching Gundala movies in cinema. In this study, the impact of communication related to Stimulus Organism Response theory explains the view that the behavior begins with a stimulus (stimulation, action) that immediately gives rise to a response (reaction, motion replies). In line with this theory, the audience receives the impact caused after watching movie trailers on Youtube social media gives effect to the audience. The impact that has been received is the audience's interest in the form of cognitive, affective and conative, ie how far the cognitive, affective and conative can effected on the audience. In this study is using a quantitative approach and the explanatory as the type of research. The method used was a survey method with a questionnaire as the main instrument to get information from a number of respondents. The results of this study indicate that the probability level of 0,000 is much smaller than the significance level of 0.05 (significance level α = 5%) which means that Ho is rejected and Ha is accepted, or it can be concluded that there is a significant influence between movie trailer of Gundala on Youtube social media towards interest watching in the cinema, with a correlation number of 0.518 which shows that the correlation in this study is quite strong, positive and unidirectional. Keywords: Gundala Movie Trailers, Youtube Social, Media, Interest Kemajuan teknologi saat ini membuat penyampaian informasi dan pesan mengalami kemajuan, tidak lagi hanya mengandalkan media elektronik dan cetak, tetapi juga melalui media sosial, salah satunya adalah YouTube yang kini digunakan sebagai wadah baru mempromosikan film. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah trailer film Gundala di media sosial YouTube memberikan pengaruh terhadap minat menonton film Gundala di bioskop. Dalam penelitian ini, dampak komunikasi berkaitan dengan teori Stimulus Organism Respons ini menjelaskan tentang pandangan bahwa perilaku itu, bermula dengan adanya stimulus (rangsangan, aksi) yang segera menimbulkan respon (reaksi, gerak balas). Sejalan dengan teori ini, khalayak menerima dampak yang ditimbulkan setelah menonton trailer film di media sosial YouTube memberikan efek kepada khalayaknya. Dampak yang diterima adalah minat khalayak berupa kognitif, afektif dan konatif, yaitu seberapa jauh efek kognitif, afektif dan konatif terhadap khalayak. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Metode yang digunakan yaitu metode survei dengan kuisioner sebagai instrumen utama untuk mendapatkan informasi dari sejumlah responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat probabilitas sebesar 0,000 yakni jauh lebih kecil dari nilai taraf signifikasi sebesar 0,05 (taraf signifikasi α = 5%) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, atau dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara trailer film Gundala di media sosial YouTube terhadap minat menonton di bioskop, dengan angka korelasi sebesar 0,518 yang menunjukan bahwa korelasi pada penelitian ini tergolong cukup kuat, positif dan searah. Kata kunci : Gundala Film Trailer, Youtube Sosial Media, Minat.
Actions (login required)
View Item |