PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PATH UNTUK MEMENUHI EKSISTENSI DIRI PADA REMAJA (Studi Dramaturgi Erving Goffman Mengenai Penggunaan Media Sosial Path)

PRATAMA, RICKY (2017) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PATH UNTUK MEMENUHI EKSISTENSI DIRI PADA REMAJA (Studi Dramaturgi Erving Goffman Mengenai Penggunaan Media Sosial Path). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HALAMAN COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)

Abstract

Maraknya penggunaan jejaring sosial path dikalangan masyarakat modern khusunya dikalangan remaja menjadikan path sebagai jejaring sosial saat ini tengah sangat popular. Kepopuleran path tidak lepas dari tema jurnal digital yang diusung oleh path sehingga memungkinkan penggunanya untuk terus menampilkan diri. Kehadiran media sosial di kalangan remaja ini , membuat ruang privat seseorang melebur dengan ruang publik. Terjadi pergeseran budaya di kalangan remaja, para remaja tidak segansegan mengupload segala kegiatan pribadinya untuk disampaikan kepada temantemannya melalui akun media sosial dalam membentuk eksistensi diri mereka. Kalangan remaja yang menjadi hiperaktif di media sosial ini juga sering memposting kegiatan sehari-hari mereka yang seakan menggambarkan gaya hidup mereka yang mencoba mengikuti perkembangan jaman, sehingga mereka dianggap lebih populer di lingkungannya. Berbagai kelebihan yang terdapat di dalam path pada akhirnya mengarahkan penggunaan kepada gejala-gejala menunjukkan kelas sosial dan gaya hidup untuk menunjukkan eksistensi diri. Di dalam Path, pengguna sebagai seorang aktor yang memainkan peran yang sesuai dengan kesan yang dia harapkan. Ketika pengguna ingin memperoleh kesan sebagai seorang yang memiliki eksistensi tinggi, maka dia akan terus menampilkan gambaran diri yang dapat menunjukkan eksistensinya. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan yang dibagikan pengguna di dalam jejaring sosial Path. Upaya ini disebut sebagai pengelolaan kesan (impression management), yaitu teknik yang digunakan aktor untuk memupuk kesan-kesan tertentu dalam situasi tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengidentifikasi penggunaan media sosial path terhadap eksistensi diri pada remaja saat ini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi dramaturgi. Studi dramaturgi menyoroti perilaku dari manusia yang memiliki peran ganda. Inti dari perspektif dramaturgi adalah pengelolaan kesan yang dilakukan oleh manusia ketika akan berinteraksi dengan sesamanya. Peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam terhadap lima orang key informan yang masing-masing merupakan remaja pengguna aktif dari jejaring sosial path dan telah menggunakan jejaring sosial ini selama setahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam jejaring sosial path, pengguna berusaha menampilkan diri yang sebaik mungkin, agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan, serta bagaimana mereka ingin dinilai oleh orang lain melalui pengelolaan kesan yang mereka lukiskan di path. Untuk mencapai tujuan akan eksistensi diri, pengguna bermain peran pada panggung depan dengan melakukan pengelolaan kesan demi mencapai tujuan akan eksistensi diri. Sementara pada panggung belakang, pengguna berusaha untuk menjaga sebaik mungkin berbagai hal yang dapat merusak reputasi dirinya agar tidak terlihat oleh orang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 17 214
NIM/NIDN Creators: 44112010026
Uncontrolled Keywords: Penggunaan media sosial path untuk memenuhi eksistensi diri pada remaja
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:18
Last Modified: 30 May 2024 04:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56846

Actions (login required)

View Item View Item