DESIMAWATI, A VENTI (2019) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2019 MELALUI TWITTER (Studi Kasus : Kampanye Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBER PENGESAHAN.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN)
4. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf Download (3kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
9. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text (BAB 2)
10. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
||
Text (BAB 3)
11. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text (BAB 4)
12. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text (BAB 5)
13. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
Abstract
The existence of social media is increasingly inseparable from the way of communication between people. Moreover, through social media people can easily access to get the latest information. The development of social media made all parties especially political parties aware that through the approach of social media as a tool. This study aims to determine the strategy of political communication on social media twitter conducted by Joko Widodo and Vice President Ma'ruf Amin in the 2019 presidential election. Through a qualitative method with a case study perspective through social media namely twitter. Researchers get data through, observation, indepth interviews and documentation to get the political communication implementation of the Jokowi-Ma'ruf Presidential Candidate pair in the presidential election 2019. From the results of this study indicate the political communication strategy carried out by the Jokowi-Ma'ruf Amin pair in the presidential election 2019 through social media Twitter shows the activities and performance of Jokowi. In addition, it provides information by using memes, graphics etc. Keywords: communication strategy, political communication, social media Keberadaan media sosial saat ini makin tidak bisa dipisahkan dari cara berkomunikasi antar manusia. Terlebih, melalui media sosial orang dapat mengakses dengan mudah untuk mendapatkan informasi terkini. Perkembangan media sosial membuat semua pihak terutama partai politik sadar bahwa melalui pendekatan media sosial sebagai alat bantu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik pada media sosial twitter yang dilakukan oleh Pasangan Capres Joko Widodo dan Cawapres Ma’ruf Amin dalam pemilihan presiden 2019. Melalui metode kualitatif dengan perspektif studi kasus melalui media sosial yakni twitter. Peneliti mendapatkan data melalui, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi untuk mendapatkan pelaksanaan komunikasi politik pasangan Capres Cawapares Jokowi-Ma’ruf Amin dalam pemilihan presiden 2019. Dari hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi politik yang dilakukan Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada pemilihan presiden 2019 melalui media sosial twitter menunjukkan kegiatan dan kinerja dari Jokowi. Selain itu, memberikan informasi dengan cara penggunaan meme, grafis dll. Kata kunci: strategi komunikasi, komunikasi politik, media sosial
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-19-031 |
NIM/NIDN Creators: | 55217110036 |
Uncontrolled Keywords: | communication strategy, political communication, social media,strategi komunikasi, komunikasi politik, media sosial, KOMPOL, komunikasi politik |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | MYTHA ALVIANA SARI |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 04:00 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 03:51 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56613 |
Actions (login required)
View Item |