TRIWAHYUDI, AGUNG (2019) EFEKTIVITAS ISI PESAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMPENGARUHI MINAT BELI FOLLOWERS INSTAGRAM PEMPEK LADAS (Survey pada Followers Media Sosial Instagram @pempekladas pada Bulan Oktober 2018). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
01. Halaman Judul.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. Lembar Pernyataan Mahasiswa.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. Lembar Pengesahan Tugas Akhir.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05. Kata Pengantar.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06. Daftar Isi.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07. Daftar Tabel.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. Daftar Gambar.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09. Daftar Lampiran.pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
||
Text (BAB II)
11. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
||
Text (BAB III)
12. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
13. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
||
Text (BAB V)
14. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini sangat menakjubkan. Pergeseran manfaat dari media sosial juga sangat terasa, salah satunya Instagram. Instagram yang dulunya hanya digunakan untuk berbagai foto pribadi, kini telah berubah fungsi bagi sebagian orang, yakni untuk berjualan online. Kini, Instagram telah berkembang sebagai media bagi para pelaku bisnis untuk mengkomunikasikan bisnis melalui kegiatan promosi melalui media sosial. Pempek Ladas adalah sebuah brand pempek yang ada di daerah Bintaro, Jakarta Selatan. Untuk sebuah merek yang baru diluncurkan pada bulan April 2018, jumlah pengikut di akun Instagram Pempek Ladas sudah mencapai 1.242 orang per Oktober 2018. Menurut pihak Pempek Ladas, foto dan video yang menarik merupakan kunci dari pemasaran melalui Instagram, karena sejauh ini, Instagram adalah satu-satunya media komunikasi pemasaran online yang digunakan oleh Pempek Ladas. Ali Muhidin (2009:153) mengatakan bahwa efektivitas juga berhubungan dengan masalah bagaimana pencapaian tujuan atau hasil yang diperoleh, kegunaan atau manfaat dari hasil yang diperoleh, tingkat daya fungsi unsur atau komponen, serta masalah tingkat kepuasaan pengguna dan keinginan pembelian. Schiffman dan Kanuk (2004:25), menjelaskan bahwa pengaruh eksternal, kesadaran akan kebutuhan, pengenalan produk dan evaluasi alternatif adalah hal yang dapat menimbulkan minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yaitu survey design dimana peneliti mendeskripsikan secara kuantitatif (angka) beberapa kecenderungan, perilaku, atau opini dari suatu populasi dengan meneliti sampel dari populasi tersebut. Dengan pengumpulan data yang diambil melalui kuesioner yang disebarkan ke 303 followers dari official account Instagram @pempekladas. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel efektivitas isi pesan mampu mempengaruhi 63,1% tingkat minat beli, dengan kekuatan hubungan sebesar 0,794 yang tergolong dalam kategori korelasi kuat. Sisanya sebesar 36,9% yang dimaksud adalah harga, promosi penjualan yang ditawarkan seperti diskon, dan review pelanggan yang sudah pernah membeli melalui Instagram @pempekladas dan menuliskannya di kolom komentar. Kata Kunci: Efektivitas, Isi Pesan, Komunikasi, Instagram, Minat Beli
Actions (login required)
View Item |