PERAN CUSTOMER RELATIONS PT. SARI COFFEE INDONESIA DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN (Studi Kasus: Terkait Keluhan Sistem Starbucks Card yang error di Starbucks JIEXPO Kemayoran)

ISHWARA, INDRA (2019) PERAN CUSTOMER RELATIONS PT. SARI COFFEE INDONESIA DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN (Studi Kasus: Terkait Keluhan Sistem Starbucks Card yang error di Starbucks JIEXPO Kemayoran). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
1 COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL DAN GAMBAR)
7 DAFTAR TABEL DAN GAMBAR.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB II)
10 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text (BAB III)
11 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
12 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB V)
13 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

PT. Sari Coffee Indonesia, Starbucks Coffee merupakan perusahaan kedai kopi terbesar di Indonesia yang memiliki lebih dari 300 cabang baik di dalam kota maupun luar kota. PT. SCI mengeluarkan member card yaitu starbucks card untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi di starbucks. Terdapat masalah yang terjadi di Starbucks JIEXPO Kemayoran yaitu sistem Starbucks card yang error, sehingga hubungan pelanggan dengan PT. SCI menjadi kurang baik. Sistem starbucks card yang error ini terjadi saat pelanggan ingin menggunakannya untuk keperluan payment namun ketika di swipe tidak bisa. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dibutuhkan peran customer relations PT. SCI dalam menangani keluhan agar tidak ada lagi keluhan dari pelanggan terkait sistem starbucks card yang error. Fokus Penelitian dalam penelitian ini bagaimana peran customer relations PT. Sari Coffee Indonesia dalam menangani keluhan pelanggan saat terjadi sistem error pada starbucks card ketika pelanggan ingin mengguunakannya? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran customer relations PT. Sari Coffee Indonesia dalam menangani keluhan pelanggan terkait keluhan sistem starbucks card yang error. Dalam penelitian ini penulis menggunakan konsep manajemen public relations yang terdiri dari teori customer relations dengan dimensi percaya diri, disiplin tinggi, rasa memiliki dan loyalitas, sikap dan penampilan diri, dedikasi, komunikatif, customer relations and service excellence, willing to coorporate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian penelitian deskriptif, Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber terkait. Hasil penelitian ini membahas mengenai peran customer relations PT. Sari Coffee Indonesia dalam menangani keluhan pelanggan. Dari hasil wawancara dengan narasumber, dapat ditarik kesimpulan bahwa unsur Percaya Diri, Disiplin tinggi, Loyalitas, Sikap & Penampilan diri, Dedikasi, Komunikatif, Service Exellent, Willing corporate pada karyawan dapat menambah value dalam menangani keluhan pelanggan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran sudah dijalan PT Sari coffee Indonesia dalam program penanganan keluhan sudah berjalan sesuai dengan perencanaan dan implementasi yang tepat. Dengan menjalankan peranan customer relations maka dapat mengurangi tingkat keluhan yang terjadi di Starbucks JIEXPO kemayoran. Dengan menerapkan percaya diri, disiplin tinggi, rasa memiliki dan loyalitas, sikap dan penampilan diri, dedikasi, komunikatf, service excellent, dan willing corporate maka semua keluhan dapat diminimalisir sehingga mampu membangun hubungan yang lebih baik lagi diantara perusahaan dan pelanggannya. Kata kunci : Customer Relations, Keluhan Pelanggan, Manajemen Public Relations.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 19 167
Call Number: SK/42/19/059
NIM/NIDN Creators: 44215120115
Uncontrolled Keywords: Customer Relations, Keluhan Pelanggan, Manajemen Public Relations.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi > 069 Museology (Museum science)/Museologi > 069.1 Museum Services to Patrons/Layanan Museum untuk Pelanggan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi > 069 Museology (Museum science)/Museologi > 069.1 Museum Services to Patrons/Layanan Museum untuk Pelanggan > 069.13 Museum Services to Patrons/Layanan Museum untuk Pelanggan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Feb 2022 12:18
Last Modified: 23 Feb 2023 02:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55753

Actions (login required)

View Item View Item