FATMAWATI, DESSY (2019) POLA KOMUNIKASI INTERNAL DALAM RESTAURANT SOFIA THE GUNAWARMAN DALAM MENINGKATKANKEPUASAN KONSUMEN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
01. Halaman Judul.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. LEMBAR PERNYATAAN MAHASISWA.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. LEMBAR PENGESAHAN ALL.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05. Kata Pengantar.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06. Daftar Isi.pdf Download (71kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
07. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
Text (BAB II)
08. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text (BAB III)
09. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text (BAB IV)
10. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
||
Text (BAB V)
11. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
Abstract
Respons pelanggan di portal website atau aplikasi terhadap kepuasan suatu barang atau layanan yang digunakan adalah bagian penting untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan. Sofia The Gunawarman adalah restoran kelas atas yang memiliki bangunan yang sangat mewah dan interior klasik yang elegan, tetapi harapan dan kepuasan pelanggan tidak sesuai dengan apa yang dinyatakan dalam visual, begitu banyak keluhan yang datang melalui situs web dan portal media sosial karena ketidakpuasan pelanggan. Pola komunikasi merupakan faktor penting untuk memperlancar arus layanan, oleh karena itu komunikasi perusahaan dalam penyampaian informasi sangat penting guna memberikan kepuasan kepada pelanggan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi organisasi yang dilakukan demi kepuasan pelanggan pada restaurant Sofia The Gunawarman. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola komunikasi dalam organisasi, serta mencari tau kendala-kendala yang ada serta menerapkan upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan komunikasi dalam organisasi yang berdampak pada kepuasan pelanggan. Objek penelitan ini adalah semua staff yang berada dalam organisai restaurant Sofia The Gunawarman dan juga Reguler Customer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Metode pengolahan data yang dilakukan adalah analisi kualitatif yaitu data yang tidak berbentuk angka-angka, pengolahan data ini melalui reduksi data, penguji data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa organisasi restaurant Sofia The Gunawarman menjalankan pola komunikasi fleksibel, yaitu siapa saja dapat berkomunikasi kapan saja dan dimana saja melalui media komunikasi online dan offline. Dilakukan beberapa upaya untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi, namun belum berdampak maksimal terhadap kepuasan pelanggan. Dengan adanya upaya memperbaiki komunikasi dan menjaga juga meningkatkan kepuasan pelangggan, menjadi hal yang sangat penting untuk tetap menjaga kepuasan pelanggan. Dengan melakukan Analisa respon pelanggan terhadap kepuasannya menggunakan metode service quality diketahui bahwa pola komunikasi dalam organisasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pola komunikasi organisasi di restaurant Sofia The Gunawarman, meliputi pola komunikasi yang dilakukan, kendala�kendala yang dihadapi, serta upaya-upaya yang sudah dilakukan. Saran penulis dalam hal ini agar penerapan pola komunikasi di restaurant Sofia The Gunawarman harus menjalankan banyak kegiatan yang bertujuan meningkatkan komunikasi didalam organisasi guna pencapaian tujuan perusahaan yaitu kepuasan pelanggan adalah yang utama. Kata kunci – Kepuasan Pelanggan, Pola Komunikasi Organisasi.
Actions (login required)
View Item |