HAKIM, ARIEF RAHMAN (2020) PROSES PELAYANAN KONSUMEN OLEH CUSTOMER SERVICE PT. WANINDO PRIMA PADA PAMERAN BCA EXPO 2020. D3 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Cover.pdf Download (423kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
||
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
Abstract
Proses kegiatan pelayanan customer service merupakan suatu proses untuk bagaimana caranya memuaskan konsumen atau pelanggan, baik itu berupa pelayanan ataupun berupa keluhan. Kegiatan customer service harus memperhatikan beberapa hal yaitu bagaimana caranya untuk berkomunikasi yang baik, caranya untuk bernegosiasi dengan konsumen dan cara untuk bagaimana dapat menahan diri untuk tidak ikut terbawa emosi pada saat menanggapi konsumen yang sedang emosi. Selain itu customer service juga harus dapat melayani dari segi pelayanan secara langsung dengan sigap di lapangan. Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari secara langsung terkait proses pelayanan konsumen oleh customer service PT. Wanindo Prima pada pameran BCA Expo 2020. Desain penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Selain itu, penulis juga menggunakan metode observasi selama penulis menjalani program magang, wawancara dengan pihak terkait, dan pengumpulan dokumentasi. Fakta yang didapat selama penulis menjalani program magang, bahwa proses pelayanan customer service terdapat beberapa kesulitan atau hambatan, yang telah penulis jabarkan pada tulisan ini. Terdapat indikator terkait pentingnya meminimalisir hambatan yang terjadi, yaitu indikator komunikasi. Komunikasi yang baik dan terorganisir seperti diperlukan adanya briefing dan meeting secara berkala antara pihak organizer dengan pihak contractor, diperlukannya negosiasi dalam hal batas pengumpulan data, serta diperlukannya profesionalitas pada kedua belah pihak yang bersangkutan merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari kesalahan atau hambatan. Indikator tersebut yang akan mempermudah proses pelayanan konsumen oleh customer service dan meminimalisir terjadinya human error. Kata Kunci : Proses Pelayanan Customer Service, Pelaksanaan Pelayanan Customer Service Event Pameran, Peranan Customer Service dalam Stand Contractor
Actions (login required)
View Item |