ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN RAYA PANTURA KABUPATEN BREBES KM 180+000 S/D 194+000

ADHAMI, MALQI SIDIK (2020) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN RAYA PANTURA KABUPATEN BREBES KM 180+000 S/D 194+000. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Traffic accident on the Pantura road segment of Brebes Regency KM 180 + 000 to KM 194 + 000. Brebes Regency occurred in 2015 to 2018 respectively - 54, 69, 65, and 48. Under these conditions this study aims to determine the profile of accidents on these roads and determine the criteria and hazardous segments for highways. Which can be used as a reference for effective and efficient handling of traffic accidents. The method used in this study is the weighting method for Accident Equivalent Numbers (AEK), while to determine its accident-prone points (Blackspot) using the Upper Control Limit (UCL) and Upper Control Limit (BKA) methods. This research was conducted on the north coast highway of Brebes Regency Km 180 + 000 to 194 + 000. The results of this study indicate that there is a Blackspot area at Km 180 + 500 with AEK value (525) that exceeds the BKA value (382.43) and UCL 382.43. Types of accidents that often occur are single hit 44.73%. The causative factor is human, which is 78.90%. While vehicles that are often involved are motorbikes by 49%. When viewed from the time of the accident that often occurs at 06:00 to 13:00 o'clock. In that time span between 12:00 - 13:00 is the lowest volume of vehicles for 3 times of observation from morning to evening. There is an accident relationship with the volume & speed of the vehicle. Keywords: Blackspot, Blacksite, UCL Kecelakaan lalu lintas yang di ruas jalan raya pantura Kabupaten Brebes KM 180+000 s.d KM 194+000. terjadi Kabupaten Brebes pada tahun 2015 s/d 2018 berturut – turut sebanyak 54, 69, 65, dan 48. Dengan kondisi tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kecelakaan pada ruas jalan tersebut dan menentukan kriteria serta segmen berbahaya untuk jalan raya. Yang dapat dipakai sebagai acuan dalam penanganan yang efektif dan efisien tidak terjadi kecelakaan lalu lintas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembobotan Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK), sedangkan untuk menentukan titik rawan kecelakaan nya (Blackspot) menggunakan metode Upper Control Limit (UCL) dan Batas Kontrol Atas (BKA). Penelitian ini dilakukan di jalan raya pantura Kabupaten Brebes Km 180+000 s/d 194+000. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya area Blackspot yaitu di Km 180+500 dengan nilai AEK (525) yang melebihi nilai BKA (382,43) dan UCL 382,43. Tipe kecelakaan yang sering terjadi yaitu tabrak tunggal 44,73%. Dengan Faktor penyebab adalah manusia yaitu sebesar 78,90%. Sedangkan kendaraan yang sering terlibat adalah sepeda motor sebesar 49%. Bila dilihat dari waktu kejadaian kecelakaan yang sering terjadi pada Pukul 06.00 – 13.00. Pada rentang waktu tersebut antara 12:00 – 13:00 adalah volume kendaraan paling rendah selama 3 waktu pengamatan dari pagi sampai sore. Terdapat hubungan kecelakaan dengan volume & kecepatan kendaraan. Kata Kunci : Blackspot, Blacksite, UCL

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: ST/11/19/252
NIM: 41115010133
Uncontrolled Keywords: Blackspot, Blacksite, UCL
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.1 Railroad Engineering/Teknik Jalan Kereta Api, Teknik Rel Kereta Api
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Jan 2020 01:26
Last Modified: 17 Jan 2020 01:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53602

Actions (login required)

View Item View Item