MITOLOGI SELEBGRAM DALAM IKLAN JADI TERKENAL DIMULAI DARI TOKOPEDIA (Analisis Semiotika Rholand Barthes)

ARISKA, PUTRI (2019) MITOLOGI SELEBGRAM DALAM IKLAN JADI TERKENAL DIMULAI DARI TOKOPEDIA (Analisis Semiotika Rholand Barthes). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)

Abstract

Selebgram merupakan terminologi yang mengacu pada sosok yang terkenal di media sosial Instagram, di mana seleb mengacu pada arti sebritas yang berarti orang yang dikenal publik di media sosial Instagram. Iklan Jadi Terkenal Dimulai dari Tokopedia menceritakan remaja perempuan yang memiliki keinginan untuk menjadi popular di Instagram. . Perbedaan budaya dalam pandangan semiotika sangat penting dalam melihat dan menganalisa mitologi pada tanda-tanda yang hadir dalam berbagai objek mengingat budaya merupakan sistem dalam masyarakat yang memberikan kesepakatan akan adanya upaya bersama dalam menyepakati makna atas tanda yang ada, oleh sebab itu penelitian ini akan memperlihatkan cara peneliti menganalisa mitologi selebgram Pengertian mitologi menurut Barthes tidaklah menunjuk pada mitologi dalam pengertian kaku seperti cerita-cerita tradisional, legenda, dan hal sejenisnya saja, melainkan sebuah cara pemaknaan yang dalam bahasa Barthes merujuk pada esensi makna sebagaimana diungkap Barthes bahwa, pada dasarnya semua hal dapat menjadi mitos; satu mitos timbul untuk sementara waktu dan tenggelam untuk waktu yang lain karena digantikan oleh pelbagai mitos lain. Mitos menjadi pegangan atas tanda-tanda yang hadir dan menciptakan fungsinya sebagai penanda pada tingkatan yang lain. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode semiotika yang dapat menjadi sarana dalam memahami tanda-tanda dalam iklan Jadi Terkenal Dimulai dari Tokopedia untuk mengukap mitologi selebgram. Dimana peneliti mengumpulkan data secara primer yaitu studi dokumentasi dan data sekunder yaitu studi kepustakaan. Bedasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa selebgram dalam iklan Jadi Terkenal Dimulai dari Tokopedia menunjukan bahwa selebgram memberikan standarisasi kecantikan fisik, identik dengan nilai-nilai hedonism, sifat narcissistic (narsis), popular sampai pada akhirnya digemari followersnya. Kata Kunci: Selebgram, Instagram, Mitologi, Tokopedia

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 19 029
NIM: 44316110105
Uncontrolled Keywords: Selebgram, Instagram, Mitologi, Tokopedia
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 24 Oct 2019 08:10
Last Modified: 09 Jan 2020 04:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51645

Actions (login required)

View Item View Item