EFEKTIVITAS PESAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM @glintsid SEBAGAI MEDIA INFORMASI MAHASISWA

PERDANA, EGA WIRA EFNI (2020) EFEKTIVITAS PESAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM @glintsid SEBAGAI MEDIA INFORMASI MAHASISWA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB II)
3. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB III)
4. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB IV)
5. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB V)
6. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

@glintsid is an Instagram social media account from Glints Indonesia, Glints Indonesia is a career development platform capable of developing careers with information about work or the world of work. @glintsid shares informational content about career development that really helps others to develop their careers. The research objective was to determine the effectiveness of social media messages Instagram @ glintsid as a student information medium. The conceptual approach used in this research is to use the AISAS theory (Attention, Interest, Search, Action, Share) where a person, namely a student's followers here, if interested in something Attention, he will pay more attention, namely Interest, then will find out what it is. and who is Search, then will start doing the command that the Action says, then will share it if he is satisfied with what he did, namely Share. The research conducted is quantitative, with the type of positivism research. The method used was a survey of 100 @glintsid student followers. The results showed the effectiveness of the Instagram social media messages delivered by @glintsid because the questions were disseminated by researchers and the data was processed with Quartil calculations showing the results of numbers on an effective scale, meaning that the social media messages conveyed by the @glintsid Instagram account as a media of information collage student declared effective. Keywords: Message Effectiveness, AISAS, Instagram @glintsid, College Student @glintsid merupakan sebuah akun sosial media Instagram dari Glints Indonesia, Glints Indonesia adalah sebuah platform pengembangan karir yang mampu mengembangkan karir dengan informasi-informasi seputar pekerjaan atau pun dunia kerja. @glintsid membagikan konent informasi yang berisi tentang pengembangan karir yang sangat membantu orang lain untuk mengembangkan karir mereka. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui efektivitas pesan sosial media Instagram @glintsid sebagai media informasi mahasiswa. Pendekatan konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori AISAS (Attention,Interest,Search,Action,Share) dimana seseorang yaitu mahasiswa followers disini jika tertarik terhadap sesuatu Attention, dia akan memperhatikan lebih dalam lagi yaitu Interest, lalu akan mencari tahu apa hal tersebut dan siapa itu Search, lalu akan memulai melakukan perintah yang di sampaikan Action, lalu akan membagikan hal tersebut jika dia puas terhadap hal yang dia lakukan yaitu Share. Penelitian yang dilakukan ini adalah kuantitatif, dengan tipe penelitian positivisme. Metode yang digunakan adalah survey kepada 100 mahasiswa followers @glintsid. Hasil penelitian menunjukkan adanya Efektivitas dari pesan sosial media Instagram yang di sampaikan @glintsid dikarena kan dari pertanyaan disebarkan oleh peneliti dan telah diolah data dengan perhitungan Quartil menunjukan hasil angka di skala efektif, artinya pesan sosial media yang disampaikan oleh akun Instagram @glintsid sebagai media informasi mahasiswa dinyatakan efektif. Kata Kunci : Efektivitas Pesan, AISAS, Instagram @glintsid, Mahasiswa

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 20 012
NIM/NIDN Creators: 44516010016
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pesan, AISAS, Instagram @glintsid, Mahasiswa
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol > 303.32 Sosialization/Sosialisasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 08 Dec 2021 10:57
Last Modified: 22 Jun 2023 02:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51637

Actions (login required)

View Item View Item