PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MESTIKA DHARMA CABANG JAKARTA BIAK (Studi Eksplanatif Terhadap Nasabah Bank Mestika Dharma Tahun 2019)

MULYATI, METY (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MESTIKA DHARMA CABANG JAKARTA BIAK (Studi Eksplanatif Terhadap Nasabah Bank Mestika Dharma Tahun 2019). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)

Abstract

market, the company must work hard in maintaining market satisfaction. Because of this, it needs to be done. Mestika Dharma Company that provides good service quality for each of its customers. This research discusses to improve the quality of service to the satisfaction of Mestika Dharma Bank Jakarta Biak branch. This study used a service quality theory proposed by Parasuraman, Zeithaml, Berry in 1988 in Fandy in 2005 with dimensions of reliability, responsiveness, assurance, empathy, empathy and tangibility and Customer satisfaction theory is advanced by the Band using three dimensions, namely wants, needs, and expectations. The paradigm used in this research is positivistic. This research uses quantitative methods. The method used is a survey of Bank Mestika Dharma customers who actively transact as many as 101 respondents. The results showed the service quality variable produced a positive response as evidenced by the coefficient of conversion of 0.823. Regression test results obtained r2 = 0.677. Bank Mestika Dharma Jakarta Biak branch determined service quality at 67.7%. While the remaining 32.3% was approved by other variables not included in this research model. Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Bank Mestika Dharma Persaingan yang ketat secara tidak langsung akan mempengaruhi suatu perusahaan dalam mempertahankan pangsa pasar, perusahaan harus bekerja keras dalam mempertahankan kepuasan nasabah. Karena hal itulah, upaya menjaga kepuasan nasabah merupakan hal penting yang harus selalu dilakukan perusahaan jasa kususnya Bank Mestika Dharma yang memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada setiap nasabahnya.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank Mestika Dharma Cabang Jakarta Biak. Riset ini menggunakan teori kualitas jasa yang dikemukakan oleh Parasuraman, Zeithaml, Berry pada tahun 1988 dalam Fandy tahun 2005 dengan dimensi kehandalan (reliability), tanggap (responsive), jaminan (assurance), empati (empathy), dan berwujud (tangible) dan teori kepuasan pelanggan dikemukakan oleh Band dengan menggunakan tiga dimensi yakni keinginan, kebutuhan, dan pengharapan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah positivistik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei terhadap nasabah Bank Mestika Dharma yang aktif bertransaksi sebanyak 101 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan menghasilkan respon positif yang dibuktikan melalui nilai koefisien korelasi sebesar 0.823. Hasil uji regeresi diperoleh nilai r2 = 0.677. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan nasabah Bank Mestika Dharma Cabang Jakarta Biak dipengaruhi oleh kualitas pelayanan sebesar 67,7%. Sedangkan sisanya yakni sebesar 32,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Bank mestika Dharma.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 20 051
Call Number: SK/43/21/050
NIM/NIDN Creators: 44314120007
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Bank mestika Dharma.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:55
Last Modified: 15 Mar 2023 07:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51439

Actions (login required)

View Item View Item