INTERPRETASI KHALAYAK PADA IKLAN TV BASUKI DJAROT VERSI BERAGAM ITU BASUKI DJAROT (Analisis Resepsi Mahasiswa UMB Menteng Terhadap Tayangan Iklan TV Basuki Djarot Versi Beragam Itu Basuki Djarot)

WIJAYA, RICO BIMA (2017) INTERPRETASI KHALAYAK PADA IKLAN TV BASUKI DJAROT VERSI BERAGAM ITU BASUKI DJAROT (Analisis Resepsi Mahasiswa UMB Menteng Terhadap Tayangan Iklan TV Basuki Djarot Versi Beragam Itu Basuki Djarot). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL. COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA _ LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)

Abstract

Menjelang putaran kedua pilkada DKI Jakarta 2017 pada 19 april 2017, dua tokoh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dihadirkan kehadapan publik untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat jakarta dengan membangun citra positif dan keunggulan pribadi. Salah satu tokoh yang hadir menjelang pilkada DKI Jakarta adalah Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat yang membuat iklan di media televisi mengenai arti keberagaman di Indonesia khususnya ibukota DKI Jakarta. Iklan Basuki Djarot tersebut merupakan suatu jenis iklan yang jarang kita lihat sehari-hari tidak seperti iklan produk atau iklan komersil yang sering kita saksikan. Dari tayangan tersebut tentunya khalayak memiliki interpretasi yang beragam sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui interpretasi mahasiswa/i UMB Menteng terhadap tayangan iklan Beragam Itu Basuki Djarot versi 2 menit dengan menggunakan landasan teori analisis resepsi oleh Stuart Hall. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara mendalam dan kelompok diskusi terarah kepada narasumber. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga kategori posisi pemaknaan informan terhadap iklan Beragam Itu Basuki Djarot yakni dominan hegemoni posisi, negosiasi dan oposisi. Adanya perbedaan latar belakang usia, profesi pekerjaan, etnis suku dan pengalaman para informan terhadap tayangan iklan politik di televisi, membuat para informan mempunyai interpretasi yang beragam dalam memaknai isi tayangan iklan yang disampaikan dalam iklan Beragam Itu Basuki Djarot versi 2 menit tersebut, kecenderungan dengan adanya stigma positif dan negatif dari masing-masing informan melihat tayangan iklan Beragam Itu Basuki djarot ditampilkan, serta adanya rasa skeptis dalam pengalaman sebagian informan sehari-hari terhadap tayangan iklan politik yang ditayangan di media televisi dibandingkan dengan mencari sendiri informasi tayangan iklan politik tersebut dari sosial media atau internet.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44312110080
Uncontrolled Keywords: INTERPRETASI KHALAYAK PADA IKLAN TV BASUKI DJAROT VERSI BERAGAM ITU BASUKI DJAROT (Analisis Resepsi Mahasiswa UMB Menteng Terhadap Tayangan Iklan TV Basuki Djarot Versi Beragam Itu Basuki Djarot)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast > 070.195 Television/Televisi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.9 Political Campaigns/Kampanye Politik
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 03 Dec 2021 07:35
Last Modified: 03 Dec 2021 07:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51391

Actions (login required)

View Item View Item