WIJAYA, RICO BIMA (2017) INTERPRETASI KHALAYAK PADA IKLAN TV BASUKI DJAROT VERSI BERAGAM ITU BASUKI DJAROT (Analisis Resepsi Mahasiswa UMB Menteng Terhadap Tayangan Iklan TV Basuki Djarot Versi Beragam Itu Basuki Djarot). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. HAL. COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB I SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB II SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB III SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB V SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA _ LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
Abstract
Menjelang putaran kedua pilkada DKI Jakarta 2017 pada 19 april 2017, dua tokoh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dihadirkan kehadapan publik untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat jakarta dengan membangun citra positif dan keunggulan pribadi. Salah satu tokoh yang hadir menjelang pilkada DKI Jakarta adalah Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat yang membuat iklan di media televisi mengenai arti keberagaman di Indonesia khususnya ibukota DKI Jakarta. Iklan Basuki Djarot tersebut merupakan suatu jenis iklan yang jarang kita lihat sehari-hari tidak seperti iklan produk atau iklan komersil yang sering kita saksikan. Dari tayangan tersebut tentunya khalayak memiliki interpretasi yang beragam sehingga menarik untuk diteliti. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui interpretasi mahasiswa/i UMB Menteng terhadap tayangan iklan Beragam Itu Basuki Djarot versi 2 menit dengan menggunakan landasan teori analisis resepsi oleh Stuart Hall. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara mendalam dan kelompok diskusi terarah kepada narasumber. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga kategori posisi pemaknaan informan terhadap iklan Beragam Itu Basuki Djarot yakni dominan hegemoni posisi, negosiasi dan oposisi. Adanya perbedaan latar belakang usia, profesi pekerjaan, etnis suku dan pengalaman para informan terhadap tayangan iklan politik di televisi, membuat para informan mempunyai interpretasi yang beragam dalam memaknai isi tayangan iklan yang disampaikan dalam iklan Beragam Itu Basuki Djarot versi 2 menit tersebut, kecenderungan dengan adanya stigma positif dan negatif dari masing-masing informan melihat tayangan iklan Beragam Itu Basuki djarot ditampilkan, serta adanya rasa skeptis dalam pengalaman sebagian informan sehari-hari terhadap tayangan iklan politik yang ditayangan di media televisi dibandingkan dengan mencari sendiri informasi tayangan iklan politik tersebut dari sosial media atau internet.
Actions (login required)
View Item |