R, AFFAN PUTRA (2019) POLA KOMUNIKASI GURU DENGAN MURID DALAM MENCEGAH TERJADINYA KENAKALAN REMAJA (Di Sma Negeri 32 Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
7. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
8. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
9. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
10. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
11. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
Abstract
Juvenile delinquency problems is one part of the social problems faced by society. Juvenile delinquency can be categorized as deviant behavior, because an act ignores general social norms. Likewise the juvenile delinquency that occurred in Jakarta State High School 32. This study aims to determine the Communication Patterns that are carried out by the Teacher towards his students in preventing juvenile delinquency in Jakarta State High School 32. The benefits of this study are that it can provide a useful contribution to the field of communication, and also add insight into the knowledge associated with this research and can provide input for 32 Jakarta Public High School communication patterns used in preventing juvenile delinquency. This study used descriptive qualitative method . Collecting data through interviews, document studies and literature. Primary data is collected by interview and observation. While secondary data is obtained through literature studies, namely books, literature and internet sites that have strong relevance to the object of research. Based on the results of research and data analysis, it was concluded that: Teachers deeply understand the dangers of juvenile delinquency and make prevention efforts, the school also cooperates with external parties such as the Police and Religious leaders to socialize hazards and prevent juvenile delinquency. The Communication Pattern that occurs includes two directions and multi directions. Keywords : Communication Patterns, Interpersonal Communication, Sociological Approach to social groups Masalah kenakalan remaja merupakan salah satu bagian dari masalah-masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat. Kenakalan remaja dapat dikategorikan sebagai perilaku menyimpang, karena suatu perbuatan mengabaikan norma sosial yang berlaku secara umum. Begitu juga kenakalan remaja yang terjadi di SMA Negeri 32 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi yang di lakukan oleh Guru terhadap muridnya dalam mencegah kenakalan remaja di SMA Negeri 32 Jakarta. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat pada bidang komunikasi, dan juga menambah wawasan pengetahuan yang terkait dengan penelitian ini dan dapat memberikan masukan bagi SMA Negeri 32 Jakarta pola komunikasi yang di gunakan dalam mencegah terjadinya kenakalan remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif . Pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumen dan kepustakaan. Data primer dikumpulkan dengan wawancara dan observasi. Sementara data sekunder didapatkan melalui kajian pustaka yaitu buku-buku, literatur serta situs-situs internet yang memiliki relevansi kuat dengan objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: Guru sangat memahami bahayanya kenakalan remaja dan melakukan upaya pencegahan, pihak sekolah juga melakukan kerja sama dengan pihak eksternal seperti Kepolisian dan tokoh Agama guna mensosialisasikan bahaya dan pencegahan kenakalan remaja. Adapun Pola Komunikasi yang terjadi meliputi dua arah dan multi arah. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Pendekatan Sosiologi terhadap kelompok sosial
Actions (login required)
![]() |
View Item |