SHANTI, INDIRA (2020) KEBAHAGIAAN OTENTIK SEBAGAI MEDIATOR ORGANISASI PEMBELAJARAN DAN AUTHENTIC PERSONAL BRANDING TERHADAP PRESTASI KERJA FSM PT GARUDA INDONESIA (Analisis Sekuensial Mixed Method). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf Download (665kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
||
Text (BAB II)
03. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
||
Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text (BAB IV)
05. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
06. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
The aim of this research is to examine and analyze the influences of learning organization and authentic personal branding on work achievement using the concept of authentic happiness as a mediator. Sequential explanatory mixed-methods design determine the quantitative result using the qualitative data. Data collection was done by distributing questionnaires to 231 flight service managers in PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk and in-depth interview to 3 subject research. The analytical method used in this research is SEM analysis with software Linear Structural Models (LISREL), 8.72 of Joreskog and Sorbom. The utility of Software Nvivo 12 plus on quantitative data identification process to determined and explained qualitatively. The results show that (1) authentic happiness positive significantly influences the work achievement (β = 0.81, t = 14.78), (2) learning organization positive significantly influences the authentic happiness ( = 0.79, t = 12.46), (3) authentic personal branding positive significantly influences the authentic happiness ( = 0.77, t = 12.17), (4) there is a positive and significant influence of learning organization to work achievement with authentic happiness as a mediator (direct effect 7%, indirect effect 36%), and (5) there is a positive and significant influence of authentic personal branding to work achievement with authentic happiness as a mediator (direct effect 1%, indirect effect 32%). A further managerial implication is that PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk provides attention and ensure the concept of learning organization to be understood and effectively assembled especially on dimension of team learning, also the concept of authentic personal branding especially on dimension of shared vision, visibility, and persistency to achieve the authentic happiness and improve the work achievement. Keywords: learning organization, authentic personal branding, authentic happiness, work achievement Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh organisasi pembelajaran dan authentic personal branding terhadap prestasi kerja dengan kebahagiaan otentik sebagai mediator. Metode campuran dengan desain rancangan eksplanatoris sekuensial dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil awal (kuantitatif) menggunakan data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 231 orang Flight Service Manager PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan wawancara terhadap 3 (tiga) orang subyek penelitian. Teknik analisa data untuk menguji model hipotetik dilakukan dengan menggunakan model persamaan structural (SEM) melalui piranti lunak Linear Structural Model (LISREL) versi 8,72 dari Joreskog dan Sorbom. Software Nvivo 12 plus digunakan dalam proses identifikasi data kuantatif untuk menentukan bagian mana yang perlu dijelaskan secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kebahagiaan otentik terhadap prestasi kerja (β = 0.81, t = 14.78), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan organisasi pembelajaran terhadap kebahagiaan otentik ( = 0.79, t = 12.46), (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan authentic personal branding terhadap kebahagiaan otentik, ( = 0.77, t = 12.17), (4) Ada pengaruh positif dan signifikan organisasi pembelajaran terhadap prestasi kerja dengan kebahagiaan otentik sebagai mediator, ditunjukkan dengan nilai efek langsung sebesar 7% dan efek tidak langsung sebesar 36% dengan t ≥ 1.96, (5) Ada pengaruh positif dan signifikan authentic personal branding terhadap prestasi kerja dengan kebahagiaan otentik sebagai mediator, ditunjukkan dengan nilai efek langsung sebesar 1% dan efek tidak langsung sebesar 32% dengan t ≥ 1.96. Implikasi manajerial yang dapat menjadi masukan bagi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, yaitu agar manajemen memberikan perhatian dan memastikan pemahaman serta penerapan yang efektif dari konsep organisasi pembelajaran terutama pada dimensi pembelajaran tim dan authentic personal branding terutama pada dimensi visi bersama, visibilitas, dan persistensi untuk mencapai kebahagiaan otentik yang berdampak kepada peningkatan prestasi kerja. Kata Kunci: organisasi pembelajaran, authentic personal branding, kebahagiaan otentik, prestasi kerja
Actions (login required)
View Item |