POLA KOMUNIKASI ANTARA PENDIDIK DAN ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA B-C SUMBER BUDI PETUKANGAN SELATAN

GINTING, MAULIANA ARREDHA BERU (2019) POLA KOMUNIKASI ANTARA PENDIDIK DAN ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA B-C SUMBER BUDI PETUKANGAN SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. Lembar pengesahan.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
08. DAFTAR TABEL.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
07. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)

Abstract

Child with interference hearing (deaf) often cause problem alone in process learning in school and adjustment self with the environment. Then from that aim research this for look how process communication between educators and students hearing impaired, for look how concept self from a child hearing impaired. The theory used in the research this is theory Johari Window with theory the could disclosed level openness and awareness about self the child. And from result level openness the could seen how application pattern applied communication by educators in SLB B-C Sumber Budi Petukangan Selatan. Research this is type research descriptive with approach qualitative use post positivism paradigm. With interview deep and observation directly. Conclusion from research this is that concept self a child deaf formed based on environment surrounding where results is student deaf in SLB B-C Sumber Budi Petukangan Selatan not closed because located in the same neighborhood. And the educators also apply pattern interpersonal communication for continue make students have concept an open self. Application pattern communication in class take place on pattern communication interaction and pattern communications transaction and process communication is happening for process learn teach is process primary communication where process the happen on directly and face to face. Anak dengan gangguan pendengaran ( tunarungu ) sering menimbulkan masalah tersendiri dalam proses pembelajaran di sekolah dan penyesuaian diri dengan lingkungannya. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana proses komunikasi antara pendidik dan siswa tunarungu, untuk melihat bagaimana penerapan pola komunikasi antara pendidik dan siswa tunarungu dan untuk melihat bagaimana konsep diri dari seorang anak tunarungu. Teori yang digunakan didalam penelitian ini adalah teori Johari window dimana dengan teori tersebut dapat diungkapkan tingkat keterbukaan dan kesadaran tentang diri anak tersebut. Dan dari hasil tingkat keterbukaan tersebut dapat dilihat bagaimana penerapan pola komunikasi yang diterapkan oleh pendidik di SLB B-C Sumber Budi Petukangan Selatan. Penelitian ini merupakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan paradigma pos positivisme. Dengan Wawancara mendalam dan pengamatan langsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa konsep diri seorang anak tunarungu terbentuk berdasarkan lingkungan sekitarnya dimana hasilnya adalah siswa tunarungu di SLB B-C Sumber Budi Petukangan Selatan tidak tertutup karena berada di lingkungan yang sama. Dan para pendidik pun menerapkan pola komunikasi interpersonal untuk terus membuat siswa – siswa memiliki konsep diri yang terbuka. Penerapan pola komunikasi di dalam kelas berlangsung secara Pola komunikasi interaksi dan pola komunikasi transaksi dan proses komunikasi yang terjadi selama proses belajar mengajar adalah proses komunikasi primer dimana proses tersebut terjadi secara langsung dan tatap muka. Kata kunci: Pola Komunikasi, Tunarungu, Konsep diri, Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 44214010095
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Tunarungu, Konsep diri, Komunikasi Interpersonal
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.6 Communication Psychology/Psikologi Komunikasi > 153.69 Nonverbal Communication/Komunikasi Nonverbal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi > 302.222 Nonverbal Communication/Komunikasi Nonverbal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi > 302.224 Verbal Communication/Komunikasi Verbal > 302.2244 Written Communication/Komunikasi Tertulis
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.25 Failures and Disruptions of Communication/Kegagalan dan Gangguan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 10 May 2019 02:48
Last Modified: 10 May 2019 02:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47539

Actions (login required)

View Item View Item