ERIDANI, ALIOT (2018) CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT EMIRATES SKYCARGO JAKARTA DALAM MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
1.COVER PROPOSAL SKRIPSI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3.SURAT PERNYATAAN.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5.KATA PENGANTAR.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6.DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7.DAFTAR TABEL.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (133kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9..BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
||
Text (BAB II)
10.BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
||
Text (BAB III)
11.BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
||
Text (BAB IV)
12.BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
||
Text (BAB V)
13.BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) |
Abstract
Manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management) merupakan suatu proses membangun dan memelihara hubungan pelanggan yang saling menguntungkan dengan menghantarkan nilai dan kepuasan pelanggan. Proses ini berhubungan dengan semua aspek untuk meraih, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan. Sama halnya dengan Emirates SkyCargo memiliki divisi CRM yang disebut Cargo Customer Relations (CCR) yang menangani beberapa hal berkaitan dengan kegiatan program dan tugas CRM yang mengarah kepada aspek tersebut. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui bagaimana penerapan CRM di Emirates SkyCargo Jakarta, mengetahui alasan pelanggan tetap setia menggunakan jasa kargo udara Emirates SkyCargo Jakarta meski terjadi beberapa kali kegagalan dalam pelayanan, dan mengetahui respon pelanggan terhadap penerapan CRM selama ini dalam menjaga loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa adanya komunikasi dan hubungan yang baik antara pihak Emirates SkyCargo Jakarta dan pelanggannya dapat meningkatkan kepercayaan dan menjaga loyalitas pelanggannya. Disini juga dijelaskan bahwa tugas dan fungsi public relations tidak dijalankan secara langsung oleh divisi CRM namun diserahkan kepada manajemen. Peneliti menyimpulkan bahwa bentuk komunikasi serta hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan yang telah dilakukan oleh Customer Relationship Management Emirates SkyCargo adalah bukti bahwa meskipun terdapat keluhan dari pelanggan masih dapat mempertahankan dan menjaga loyalitas pelanggannya hingga saat ini.
Actions (login required)
View Item |