FAIJAH, FAIJAH (2018) STRATEGI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PERTAMINA RETAIL DALAM MEMBINA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM SISWA TERAMPIL MEKANIK DI SMK NEGRI 1 JAKARTA PUSAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
cover.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (94kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
||
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
Abstract
Kesejahteraan masyarakat adalah tujuan utama dalam pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Cara perwujudan Tujuan tersebut yaitu dengan membentuk program pengentasan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, dan sebagainya. Dan salah satu program tersebut dilakukan oleh PT. Pertamina retail sebagai komitmen perusahaan atas tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk turut serta dalam membina kesejahteraan masyarakat melalui program pendidikan “siswa terampil mekanik” yang mana usai mendapat pelatihan diharap nantinya mampu menjadi seorang yang mempunyai keahlian khusus. Konsep kerangka acuan yang peneliti gunakan adalah dengan teori Scott M, Cutlip dan Allen H Center yang telah dijelaskan pada sub bab sebelumnya bahwa perencanaan tahapan program Public Relations terdapat 4 tahapan yang terdiri dari Fact Finding dengan mengumpulkan data kegiatan CSR dan target CSR, Planning & Program yang berpedoman kepada kegiatan CSR yang melihat dari tahapan perusahaan, Action & Communication mengimplementasikan dan mengkomunikasikan program kepada target atau sasaran dan Evaluating dengan melihat hasil dari kegiatan kemudian didiskusikan kembali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskripstif. Wawancara secara mendalam dilakukan pada narasumber internal yang kompeten untuk menjawab tujuan penelitian yaitu Corporate Scretray serta salah satu peserta kegiatan CSR perusahaan sebagai perwakilan dari salah satu narasumber eksternal. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Strategi yang digunakan PT Pertamina Retail adalah memiliki konsep CSR yang ideal, memiliki kriteria program CSR, memiliki acuan acuan CSR, membina hubungan dengan stakeholder, memiliki model pelaksanaan CSR Fact Finding, Planing & Program, Action & Communication, Evaluasi. Dengan program Siswa terampil mekanik yang telah terlaksana sejak tahun 2015 dan masih berjalan sampai dengan saat ini menunjukan keseriusan PT. Pertamina Retail pada kepeduliannya terhadap masyarakat yang ada disekitar perusahaan. Hal ini merupakan opini masyarakat yang terkena dampak positif dari program CSR Siswa terampil mekanik
Actions (login required)
View Item |