STRATEGI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PERTAMINA RETAIL DALAM MEMBINA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM SISWA TERAMPIL MEKANIK DI SMK NEGRI 1 JAKARTA PUSAT

FAIJAH, FAIJAH (2018) STRATEGI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PERTAMINA RETAIL DALAM MEMBINA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM SISWA TERAMPIL MEKANIK DI SMK NEGRI 1 JAKARTA PUSAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)

Abstract

Kesejahteraan masyarakat adalah tujuan utama dalam pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Cara perwujudan Tujuan tersebut yaitu dengan membentuk program pengentasan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, dan sebagainya. Dan salah satu program tersebut dilakukan oleh PT. Pertamina retail sebagai komitmen perusahaan atas tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk turut serta dalam membina kesejahteraan masyarakat melalui program pendidikan “siswa terampil mekanik” yang mana usai mendapat pelatihan diharap nantinya mampu menjadi seorang yang mempunyai keahlian khusus. Konsep kerangka acuan yang peneliti gunakan adalah dengan teori Scott M, Cutlip dan Allen H Center yang telah dijelaskan pada sub bab sebelumnya bahwa perencanaan tahapan program Public Relations terdapat 4 tahapan yang terdiri dari Fact Finding dengan mengumpulkan data kegiatan CSR dan target CSR, Planning & Program yang berpedoman kepada kegiatan CSR yang melihat dari tahapan perusahaan, Action & Communication mengimplementasikan dan mengkomunikasikan program kepada target atau sasaran dan Evaluating dengan melihat hasil dari kegiatan kemudian didiskusikan kembali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskripstif. Wawancara secara mendalam dilakukan pada narasumber internal yang kompeten untuk menjawab tujuan penelitian yaitu Corporate Scretray serta salah satu peserta kegiatan CSR perusahaan sebagai perwakilan dari salah satu narasumber eksternal. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Strategi yang digunakan PT Pertamina Retail adalah memiliki konsep CSR yang ideal, memiliki kriteria program CSR, memiliki acuan acuan CSR, membina hubungan dengan stakeholder, memiliki model pelaksanaan CSR Fact Finding, Planing & Program, Action & Communication, Evaluasi. Dengan program Siswa terampil mekanik yang telah terlaksana sejak tahun 2015 dan masih berjalan sampai dengan saat ini menunjukan keseriusan PT. Pertamina Retail pada kepeduliannya terhadap masyarakat yang ada disekitar perusahaan. Hal ini merupakan opini masyarakat yang terkena dampak positif dari program CSR Siswa terampil mekanik

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 164
NIM/NIDN Creators: 44212120021
Uncontrolled Keywords: STRATEGI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PT. PERTAMINA RETAIL, KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, PROGRAM SISWA TERAMPIL MEKANIK, SMK NEGRI 1 JAKARTA PUSAT
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 374 Adult Education/Pendidikan untuk Orang Dewasa > 374.1 Organization and Activities in Adult Education/Organisasi dan Kegiatan dalam Pendidikan Orang Dewasa
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api > 385.2 Activities and Services/Kegiatan dan Layanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olah Raga Luar Ruangan > 796.5 Outdoor Life/Olahraga Luar Ruang > 796.58 Orienteering, Outbond/Kegiatan Luar Ruangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:43
Last Modified: 26 Mar 2024 07:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/44147

Actions (login required)

View Item View Item