MENGURANGI WAKTU BREAKDOWN MESIN HIDROLIK CUCI MOBIL DENGAN METODE PDCA (Plan, Do, Check, Action) (Studi kasus pada bengkel Rmoda Workshop)

SHOLIHIN, AHMAD (2018) MENGURANGI WAKTU BREAKDOWN MESIN HIDROLIK CUCI MOBIL DENGAN METODE PDCA (Plan, Do, Check, Action) (Studi kasus pada bengkel Rmoda Workshop). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahaan.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Dafar Gambar.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAB VI)
14. Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

Rmoda Workshop adalah perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa perawatan mobil dari perawatan mesin hingga bagian bodi pada mobil. Perusahaan ini pada pekerjaan dibodi ada proses cuci mobil dan pada proses tersebut menggunakan mesin hidrolik untuk mengangkat mobil supaya dapat membersihkan bagian bawah mobil. Dalam menjaga kualitas pelayanan jasa khususnya pada proses cuci mobil yang ada, maka perusahaan harus mampu melakukan pelayanan yang maksimal. Dengan menggunakan mesin hidrolik suatu masalah yang dialami yaitu saat terjadi breakdown pada mesin tersebut yang membuat proses pekerjaan terhenti dan menunggu waktu perbaikan mesin hidrolik. Penyebab terjadi breakdown yaitu dari beberapa faktor yang membuat beberapa komponen dalam mesin mengalami kerusakan. Penelitian ini menggunakan metode PDCA (Plan, Do, Check, Action) untuk menentukan faktorfaktor penyebab utama terjadi breakdown pada mesin hidrolik serta memberikan solusi atau perbaikan dalam mengurangi waktu selama breakdown terjadi agar terjadi kinerja mesin hidrolik yang maksimal secara berkelanjutan. Untuk itu, maka metode PDCA digunakan untuk menganalisa dan memecahkan masalah yang terjadi. Dengan diagram sebab akibat (Fishbone Diagram) untuk mencari akar masalah yang sedang terjadi dan dengan menggunakan analisa 5W+1H untuk memperbaiki sistem kerja yang salah tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan akar masalah yang terjadi yaitu dari faktor Man (manusia) dan melakukan perbaikan untuk faktor tersebut dan menghasilkan berkurangnya waktu breakdown pada mesin hidrolik yang sebelumnya terjadi hingga 4,5 jam sekarang menurun menjadi 3 jam. Kata kunci: Breakdown, PDCA, Diagram Fishbone, 5W+1H

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 18 085
NIM/NIDN Creators: 41613120085
Uncontrolled Keywords: Breakdown, PDCA, Diagram Fishbone, 5W+1H
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.5 Service to Users/Layanan Kepada Pengguna Perpustakaan > 025.52 Reference and Information Services/Layanan Referensi dan Informasi > 025.523 Cooperative Information Services/Layanan Informasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api > 385.2 Activities and Services/Kegiatan dan Layanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.9 Office Services in Specific Kinds of Enterprises/Layanan Kantor untuk Perusahaan Tertentu
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 29 Mar 2018 08:49
Last Modified: 09 Dec 2021 03:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41479

Actions (login required)

View Item View Item