EFEK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) BAHAYA MEROKOK DI TELEVISI TERHADAP MAHASISWA PEROKOK UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA

HADDY, LA RAYHAN (2018) EFEK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (ILM) BAHAYA MEROKOK DI TELEVISI TERHADAP MAHASISWA PEROKOK UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)

Abstract

Iklan layanan masyarakat merupakan sebuah bentuk program komunikasi massa untuk pengkomunikasian pesan atas nama maksud baik. Iklan layanan masyarakat memiliki tujuan untuk memberikan informasi, mempengaruhi atau mengingatkan kembali tentang gagasan–gagasan khusus yang menyangkut fakta dan latar belakang atau penyebab terjadinya suatu gejala sosial tertentu. Berdasarkan data Riskesdas, Inonesia mengalami peningkatan perokok pada masyarakat yang berusia 15 – 24 tahun yang kebanyakan adalah pelajar dan mahasiswa. Kemenkes menanggapi hal tersebut dengan membuat suatu kampanye kesehatan yang didalamnya termasuk pemutaran iklan layanan masyarakat berisi penyakit akibat merokok dengan tujuan mengurangi jumlah perokok di Indonesia. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara terpaan iklan layanan masyarakat terhadap efek media pada penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif, dimana dalam penelitian ini berkaitan dengan pengumpulan dan penyusunan data untuk meneliti hubungan yang terjadi antara variabel – variabel tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menyebar kuesioner ke beberapa sample dari populasi yang ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian ini membahas mengenai pengaruh terpaan iklan atau efek media iklan layanan masyarakat mengenai bahaya merokok terhadap mahasiswa perokok, melalui uji variable dimana dijelaskan dengan dimensi Kognitif, Afektif dan Behavioral. Kemudian didapat kesimpulan bahwa iklan layanan masyarakat mengenai bahaya merokok kurang efektif atau tidak terjadi perubahan signifikan terhadap penonton iklan tersebut yaitu para mahasiswa perokok Mercu Buana Jakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 18 122
NIM: 44115110042
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast > 070.195 Television/Televisi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 23 Mar 2018 07:36
Last Modified: 11 Oct 2018 08:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41280

Actions (login required)

View Item View Item