SIMULACRUM MEDIA DI ERA POSTMODERN (Analisa Semiotika Jean Baudrillard dalam Narasi Iklan Kecantikan Dove Edisi Dove Real Beauty Sketches)

FITRIANTI, RIZQI (2018) SIMULACRUM MEDIA DI ERA POSTMODERN (Analisa Semiotika Jean Baudrillard dalam Narasi Iklan Kecantikan Dove Edisi Dove Real Beauty Sketches). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (679kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)

Abstract

Kecantikan perempuan telah menjadi komoditas media massa, sehingga perempuan banyak dieksploitasi dalam tayangan iklan. Akibatnya, perempuan sering diposisikan sebagai objek tanda, bukan sebagai subjek. Di era postmodern ini, di mana segala sesuatu tak lagi bermakna tunggal, hiperrealitas dalam media massa menjadi suatu yang lumrah. Permasalahan yang diangkat menjadi objek penelitian dalam kajian ini adalah bentuk simulasi yang dilakukan para pelaku media dalam menyampaikan pesan dan informasi dalam tayangan iklan kecantikan Dove edisi ‘Dove Real Beauty Skethes’, sehingga menjadi tayangan yang hiperrealis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simulasi bahasa yang digunakan media, dan mengetahui sejauh mana hiperrealitas yang terjadi dapat membentuk pola pikir penonton menjadi apa yang dibentuk oleh media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisa semiotika secara kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan secara studi kepustakaan dan analisa narasi menggunakan teori simulasi Jean Baudrillard. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Pertama, simulasi dalam tayangan iklan tersebut banyak dilakukan dalam berbagai bentuk, tidak hanya melalui bahasa tetapi juga melalui aplikasi teknologi tinggi. Simulasi yang terjadi telah menggiring pola pikir penonton bahwa iklan tersebut seolah nyata. Kedua, hiperrealitas yang terjadi akibat proses simulasi yang dilakukan menjadikan iklan tersebut menjadi konsumsi banalitas yang pada akhirnya tetap menjual produk, bukan memberikan edukasi kecantikan seperti yang iklan tersebut sampaikan. Kata kunci: simulasi, hiperrealitas, kecantikan, dan postmodern.

Item Type: Thesis (S2)
NIM: 55215110062
Uncontrolled Keywords: simulasi, hiperrealitas, kecantikan, dan postmodern.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 01 Feb 2018 08:29
Last Modified: 01 Feb 2018 08:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40486

Actions (login required)

View Item View Item