STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK RIDWAN BAE DALAM MEMENANGKAN PEMILU

HAFIRUDIN, LA ODE (2016) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK RIDWAN BAE DALAM MEMENANGKAN PEMILU. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB)

Abstract

Ir. Ridwan Bae berhasil mendapatkan dukungan masyarakat dan terpilih sebagai anggota DPR-RI untuk periode 2014-2019, setelah tidak terpilih sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara untuk periode 2012-2017. Banyak orang mencoba mencalonkan dirinya menjadi pimpinan daerah mulai dari tingkat RT, RW, Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga menduduki kursi DPR/MPR RI, sehingga diperlukan strategi komunikasi politik yang tepat untuk mendapatkan partisipasi atau dukungan dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap, mengurai, serta menjelaskan strategi komunikasi politik Ridwan Bae dalam memenangkan Pemilu DPR-RI periode 2014-2019 Dapil Sulawesi Tenggara dan mengungkap peran Relawan Ridwan Bae mendapatkan partisipasi masyarakat untuk memenangkan Pemilu DPR-RI periode 2014-2019 Dapil Sulawesi Tenggara. Guna mencapai tujuan untuk mengungkap strategi komunikasi politik dan peran Relawan Ridwan Bae tersebut, maka digunakan metode penelitian studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara serta berupa catatan-catatan dari dokumen yang terdapat di Sulawesi Tenggara yang relefan dengan permasalahan penelitian. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik Ridwan Bae telah terencana sejak 20 tahun lalu yakni dari tahun 1994 sampai dengan 2014, dengan pelaksanaan strategi komunikasi politik melalui Ketokohan dan Kelembagaan, Menciptakan Kebersamaan, dan Membangun Konsensus. Sedangkan peran Relawan Ridwan Bae adalah mensosialisasikan Ir. Ridwan Bae, menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa Ir. Ridwan Bae mencalonkan diri sebagai anggota DPR-RI, serta menyampaikan tentang sosok kepemimpinan Ir. Ridwan Bae. Pada kesimpulan, dalam strategi komunikasi politik, komunikator politik seyogyanya telah mempersiapkan strategi dari jauh hari sebelum pemilihan dan selalu melakukan komunikasi secara intens dengan masyarakat tanpa melihat strata atau golongan masyarakat agar mendapatkan dukungan atau partisipasi politik dari masyarakat dan dipilih pada saat pemilihan

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT/PCOM/2016/017
Call Number: 52/PCOM/2016/017
NIM: 55214110004
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Politik, Calon Anggota DPR-RI Ridwan Bae, Pemilu, Strategy, Political Communication, Initiate Parliament Of Indonesia RidwanBae, General Election
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.1-320.9 Standard Subdivisions of Political dan Government Science/Subdivisi Standar Dari Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.9 Political Situation and Condition/Situasi dan Kondisi Politik
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 13 Nov 2017 04:06
Last Modified: 13 Nov 2017 04:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39552

Actions (login required)

View Item View Item