RAJAGUKGUK, DUMARIA (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL JW MARRIOTT JAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Cover.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAKSI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
Abstract
Strategi komunikasi pemasaran merupakan suatu proses dimana pihak perusahaan merencanakan hal-hal yang akan ditetapkan untuk diimplementasikan guna mencapai tujuan perusahaan. Hotel JW Marriott Jakarta merupakan salah satu merek hotel dari Marriott Internasional yang pertama di Jakarta yang melakukan strategi komunikasi pemasaran guna mempertahankan loyalitas pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Hotel JW Marriott Jakarta dalam mempertahankan loyalitas pelanggan tahun 2016. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai STP dan bauran pemasaran jasa oleh Philip Kotler yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Process. Sementara itu teori mengenai strategi komunikasi pemasaran dari Freddy Rangkuti dipergunakan untuk menganalisis situasi SWOT. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme, pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif, serta metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan/literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Hotel JW Marriott Jakarta telah berhasil mempertahankan loyalitas pelanggan menggunakan Bauran Komunikasi Pemasaran, yaitu online advertising, personal selling, sales promotion dan direct marketing. Dari hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa dalam mempertahankan loyalitas pelanggan Hotel JW Marriott menggunakan program membership Internasional dan lokal guna meningkatkan rasa kepuasan pelanggan sehingga muncul perilaku pelangggan yang loyal terhadap JW Marriott Jakarta. Saran yang dapat penulis berikan bagi Hotel JW Marriott adalah dalam memelihara loyalitas pelanggan Hotel JW Marriott dapat menggunakan publisitas seperti bekerjasama dengan media seperti koran dan majalah, melengkapi rangkaian strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas pelanggan.
Actions (login required)
View Item |