STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL JW MARRIOTT JAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN TAHUN 2016

RAJAGUKGUK, DUMARIA (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL JW MARRIOTT JAKARTA DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Cover.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)

Abstract

Strategi komunikasi pemasaran merupakan suatu proses dimana pihak perusahaan merencanakan hal-hal yang akan ditetapkan untuk diimplementasikan guna mencapai tujuan perusahaan. Hotel JW Marriott Jakarta merupakan salah satu merek hotel dari Marriott Internasional yang pertama di Jakarta yang melakukan strategi komunikasi pemasaran guna mempertahankan loyalitas pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Hotel JW Marriott Jakarta dalam mempertahankan loyalitas pelanggan tahun 2016. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai STP dan bauran pemasaran jasa oleh Philip Kotler yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Process. Sementara itu teori mengenai strategi komunikasi pemasaran dari Freddy Rangkuti dipergunakan untuk menganalisis situasi SWOT. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme, pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif, serta metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan/literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Hotel JW Marriott Jakarta telah berhasil mempertahankan loyalitas pelanggan menggunakan Bauran Komunikasi Pemasaran, yaitu online advertising, personal selling, sales promotion dan direct marketing. Dari hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa dalam mempertahankan loyalitas pelanggan Hotel JW Marriott menggunakan program membership Internasional dan lokal guna meningkatkan rasa kepuasan pelanggan sehingga muncul perilaku pelangggan yang loyal terhadap JW Marriott Jakarta. Saran yang dapat penulis berikan bagi Hotel JW Marriott adalah dalam memelihara loyalitas pelanggan Hotel JW Marriott dapat menggunakan publisitas seperti bekerjasama dengan media seperti koran dan majalah, melengkapi rangkaian strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 17 033
NIM/NIDN Creators: 44312120158
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN, LOYALITAS PELANGGAN
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 910 Geography and Travel/Geografi dan Perjalanan > 910.1-910.9 Standard Subdivisions of Geography and Travel/Subdivisi Standar dari Geografi dan Perjalanan > 910.4 Accounts Travels/Kisah Perjalanan > 910.46 Hotels/Hotel, Motel
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 21 Mar 2017 14:04
Last Modified: 06 May 2024 03:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33615

Actions (login required)

View Item View Item