Rosalina, Elly (2009) MANAJEMEN KRISIS DAN REPUTASI DALAM MENGHADAPI KASUS PAILIT (STUDI KASUS PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Hal Cover)
1. COVER DEPAN _.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract)
9.ABSTRACT_.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
8.ABSTRAK_.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pernyataan)
7.LEMBAR PERNYATAAN_.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
6.LEMBAR PENGESAHAN TESIS_.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (Kata Pengantar)
10.KATA PENGANTAR_.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
11.DAFTAR ISI_.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Tabel)
14.DAFTAR TABEL_.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Gambar)
12.DAFTAR GAMBAR_.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Lampiran)
13.Daftar Lampiran_.pdf Download (22kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
15.BAB 1_.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
||
Text (Bab 2)
16.BAB 2_.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text (Bab 3)
17.BAB 3_.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
||
Text (Bab 4)
18.BAB 4_.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text (Bab 5)
19.BAB 5_.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
20.DAFTAR PUSTAKA_.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
||
Text (Lampiran)
23.Tesis_Kuisioner karyawan_Elly_anna_.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
Abstract
Krisis adalah peristiwa besar yang tak terduga yang secara potensial berdampak negatif terhadap perusahaan maupun publik . Krisis dalam sebuah organisasi atau perusahaan akan berdampak kepada reputasi organisasi atau perusahaan. Reputasi menggambarkan sejarah pengalaman orang lain dengan penyedia jasa. Reputasi yang baik meningkatkan kepercayaan, sehingga dapat membuat konsumen lebih percaya terhadap apa yang diinginkan sesuai dengan yang dijanjikan. Penelitian ini untuk mengevaluasi langkah dan strategi komunikasi yang dilakukan sebuah perusahaan dalam membangun kembali reputasi perusahaan yang disebabkan oleh krisis organisasi sesuai dengan teori-teori yang relevan. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan metode penelitian metode studi kasus dengan desain kasus tunggal. Pengumpulan informasi dengan wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh temuan dilapangan bahwa Prudential Life Assurance pada saat terjadi krisis tersebut belum mempunyai tim yang secara khusus menangani krisis. Sehingga dibentuklah segera tim krisis untuk menangani kasus tersebut. Teori komunikasi yang dipergunakan adalah teori komunikasi organisasi, dan teori komunikasi persuasi. Berdasarkan tahapan krisis, krisis yang terjadi melalui 4 tahapan krisis yaitu prodromal, akut, kronik dan resolusi. Untuk menghadapi krisis tersebut, perusahaan melakukan komunikasi secara intens kepada seluruh stakeholders. Komunikasi persuasi merupakan metode komunikasi yang tepat dalam mengembalikan kepercayaan dan mempengaruhi cara berpikir para stakeholders. Untuk mengantisipasi timbulnya permasalahan yang serupa, atau permasalahan lainnya, perusahaan melakukan pembenahan kembali secara internal dan mengenai prosedur standard operasi perusahaan, melakukan evaluasi dari krisis yang sudah muncul. Keyword : Krisis, Komunikasi Organisasi, Reputasi, Komunikasi Persuasi, Pailit, Asuransi Crisis is considered as an unpredicted big event which potentially results a negative influence toward companies and public. A crisis in an organization or company has impact to this company’s or organization’s reputation. Reputation describes the history of people’s experience with the service provider. A good reputation can increase trust, therefore it will bring a bigger trust for the consumers on what they expect against to what has been promised. This research is conducted to evaluate the plan and communication strategy to be undertaken by company in order to rebuild its reputation toward the crisis according to relevant theories.This research uses qualitative type of research and the method used is by case study with singls-case design. The information is collected by interviews and documentation study. From the results of research conducted, the findings obtained in the field that Prudential Life Assurance in the event of a crisis is not having the team specifically to handle the crisis. So that the crisis team was established soon to handle the case. Communication theory is a theory used organizational communication, persuasion and communication theory. Based on the stage of crisis, the crisis through 4 stages of the crisis prodomal, acute, chronic and resolution. To deal with the crisis, the company did an intense communication to all stakeholders. Persuasive communication is an appropriate method of communication in restoring confidence and influence the thinking of the stakeholders. To anticipate the emergence of similar problems, or other problems, the company returned to make corrections internally and on the standard operating procedures for the company, an evaluation of the crisis that has emerged. Keyword : Crisis, Organization Communication, Reputation, Persuasive Communication, Bankrupt, Insurance
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-09-009 |
Call Number: | TK/10/004 |
NIM/NIDN Creators: | 55207110013 |
Uncontrolled Keywords: | MARKETING PEMASARAN, CORCOM, Korporate Komunikasi dan Komunikasi Pemasaran |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 27 May 2010 11:36 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:21 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/26852 |
Actions (login required)
View Item |