QUENTASARI, RENANDA (2024) AKTIVITAS KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ARWANA_CERAMICS PADA PT ARWANA CITRAMULIA TBK DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (570kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
||
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
Abstract
The development of technology in this era has a huge impact on companies in Indonesia, one of which is for communication. Everything related to communication can be poured into several media that can reach the wider community, one of which is Instagram. In this study, the researcher aims to examine Communication Activities on Social Media Instagram @Arwana_Ceramics at PT Arwana Citramulia Tbk in building the company's image. This study uses the concept of communication activity theory according to Effendy. The concept of communication theory put forward by Jhon R. Wenburg and William W. Wilmot also K. Sereno and Edwerd M. Bodaken in Mulyana (2014) is also applied in this study, which divides communication into 3 types, namely communication as one-way action, communication as interaction, and communication as strategy. The theory of new media is also associated with the results of this study. This study uses a qualitative approach research method and a case study method. Data collection was carried out through informant interviews with the Corporate Communication Team at PT Arwana Citramulia Tbk. The hope of this study is to find solutions to create and maintain a good company image. The results of the study show that the communication activities in @Arwana_Ceramics have succeeded in showing a positive corporate image by holding various activities such as giveaways in their uploads, as well as paying attention to the time in uploading content in order to reach the audience and create interaction with the audience. In addition, the account uploads photos and videos on the feed, stories, and reels features regarding various activities and corporate culture as a form of communication activity carried out in improving the corporate image. Keywords: Communication activities, Corporate Image, Instagram Social Media Perkembangan teknologi pada era ini sangat memberikan dampak yang bergitu besar terhadap perusahaan di Indonesia, salah satunya untuk berkomunikasi. Segala hal terkait komunikasi sudah dapat dituangkan dalam beberapa media yang dapat menjangkau masyarakat luas, salah satunya Instagram. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk meneliti Aktivitas Komunikasi di Sosial Media Instagram @Arwana_Ceramics pada PT Arwana Citramulia Tbk dalam membangun citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan konsep teori aktivitas komunikasi menurut Effendy. Konsep teori komunikasi yang dikemukakan oleh Jhon R. Wenburg dan William W. Wilmot juga K. Sereno dan Edwerd M. Bodaken dalam Mulyana (2014) juga diterapkan dalam penelitian ini, yang membagi komunikasi ke dalam 3 jenis yaitu komunikasi sebagai tindakan satu arah, komunikasi sebagai interaksi, serta komunikasi sebagai strategi. Teori mengenai new media juga dikaitkan pada hasil penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara informan dengan Tim Corporate Communication di PT Arwana Citramulia Tbk. Harapan dari penelitian ini ialah menemukan solusi untuk membuat serta menjaga citra perusahaan agar tetap baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas komunikasi yang terdapat pada @Arwana_Ceramics telah berhasil menunjukkan citra perusahaan yang positif dengan cara mengadakan berbagai kegiatan semacam give away pada unggahannya, serta memperhatikan waktu dalam mengunggah konten agar dapat menjangkau audiens dan menciptakan interaksi dengan audiens. Selain itu, dalam akun mengunggah foto dan video pada fitur feed, stories, maupun reels mengenai berbagai macam kegiatan serta budaya perusahaan sebagai bentuk aktivitas komunikasi yang dilakukan dalam meningkatkan citra perusahaan. Kata Kunci :Aktivitas komunikasi, Citra Perusahaan, Sosial Media Instagram
Actions (login required)
View Item |