NAPIUN, MUHAMMAD DAFFA NOVRIANDRA (2024) STRATEGI KOMUNIKASI RUANGGURU DALAM MENINGKATKAN AWARENESS DAN ENGAGEMENT SISWASMA MELALUI INSTAGRAM PADA #RUANGGURUSTUDYTOUR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 01 Cover.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
||
Text (BAB 2)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
||
Text (BAB 3)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
Text (BAB 4)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) |
||
Text (BAB 5)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
||
Text (DAFTAR PUSAKA)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
44219210014 - Muhammad Daffa Novriandra Napiun - 08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi komunikasi yang diterapkan oleh Ruangguru dalam meningkatkan awareness dan engagement siswa SMA melalui platform Instagram pada program #RuangguruStudyTour. Dengan pemilihan program yang strategis bagi @Ruangguru dalam meningkatkan awareness dan engagement. #RuangguruStudyTour dirancang untuk memperkenalkan siswa SMA pada berbagai informasi mengenai perguruan tinggi, termasuk pilihan kampus, lingkungan akademis dan berbagai program studi yang tersedia. Penelitian ini menggunakan konsep Corporate Communications, Public Relations, Manajemen Reputasi, Sosial Media Instagram. Dengan pendekatan kualitatif, metode deskriptif kualitatif dan paradigma Post Positivisme. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan studi pustaka. Teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan triangulasi teknik untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ruangguru menerapkan strategi komunikasi dengan empat tahapan utama, yaitu fact finding, planning, communicating, dan evaluating. Pada tahap fact finding, Ruangguru melakukan analisis situasi untuk memahami persepsi masyarakat terhadap program. Tahap planning melibatkan perencanaan strategi konten yang kreatif dan penentuan platform sosial media, khususnya Instagram. Pada tahap communicating, Ruangguru memanfaatkan Key Opinion Leaders (KOL) untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan audiens melalui konten visual yang diposting secara real time. Evaluasi akhir menunjukkan bahwa program #RuangguruStudyTour secara signifikan berhasil meningkatkan kesadaran dan keterlibatan siswa SMA terhadap Ruangguru sebagai platform edutech terkemuka.
Actions (login required)
View Item |