PENGARUH CONTENT PROMOTION INSTAGRAM HMNS TERHADAP BRAND IMAGE (Survei Terhadap Followers Aktif Instagram @hmns.id)

PERWITASARI, CHANDANI MADU (2024) PENGARUH CONTENT PROMOTION INSTAGRAM HMNS TERHADAP BRAND IMAGE (Survei Terhadap Followers Aktif Instagram @hmns.id). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)

Abstract

Social media provides opportunities for brands to promote their products and services through engaging and relevant content. The quality of engaging content on social media is also a crucial element in building brand image. Social media, which offers communication opportunities for content promotion activities, includes platforms such as Instagram. This study aims to determine whether there is an influence of Instagram content promotion by HMNS on brand image. The object of this research is HMNS, a local perfume brand that uses Instagram as an effective marketing platform, as HMNS primarily focuses on online product marketing. The theory used in this study is the Stimulus, Organism, Response (S-O-R) theory, which is relevant for analyzing the impact of promotional content on social media. In this context, the promotional content serves as the stimulus, influencing perception (organism) and triggering consumer responses toward brand image. The type of research used in this study is descriptive with a quantitative approach. The method employed is a survey of active Instagram followers of @hmns.id. The researcher collected primary data by distributing questionnaires to 100 respondents using a probability sampling technique. Based on the results, content promotion has a strong relationship with brand image, with a correlation of 0.787. There is also a significant influence of HMNS Instagram content promotion on brand image, accounting for 62%. Media sosial memberikan peluang bagi brand untuk mempromosikan produk dan layanan mereka melalui konten yang menarik dan relevan. Kualitas konten yang menarik di media sosial juga merupakan elemen yang penting dalam membangun citra merek. Media sosial yang mempunyai peluang komunikasi untuk melakukan aktivitas dalam content promotion, salah satunya adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari content promotion Instagram HMNS terhadap brand image. Objek pada penelitian ini adalah HMNS, yang merupakan brand parfum lokal yang menggunakan platform Instagram sebagai salah satu bentuk pemasaran secara efektif, karena fokus utama HMNS adalah memasarkan produk secara online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stimulus, Organisme, Response (S-O-R), teori ini relevan untuk menganalisis dampak konten promosi di media sosial dan berfungsi sebagai stimulus, yang mempengaruhi persepsi (organism) dan memicu respon konsumen terhadap brand image. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei pada followers aktif Instagram @hmns.id. Peneliti mengumpulkan data secara primer, dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik probability sampling. Berdasarkan hasil penelitian content promotion memiliki tingkat hubungan yang tinggi terhadap brand image, dinyatakan cukup kuat karena memperoleh sebesar 0.787. Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara content promotion Instagram HMNS terhadap brand image sebesar 62%.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 24 064
NIM/NIDN Creators: 44320110017
Uncontrolled Keywords: Content Promotion, Brand Image, Instagram, HMNS
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 700. Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 704 Special Topics in Fine and Decorative Arts/Topik Khusus tentang Karya Seni > 704.9 Iconography, Icon, Image/Ikonografi, Ikon, Gambar
800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan > 801 Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan > 801.3 Value, Influence, Effect/Nilai, Pengaruh, Efek
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: AFIFAH SALMA RAMADINA
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:49
Last Modified: 08 Oct 2024 02:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92301

Actions (login required)

View Item View Item