PENDAMPINGAN DAN PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM DALAM MELAKUKAN PROMOSI UMKM KREASI BOGA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

FADLIKAL, MUHAMAD IBNU (2024) PENDAMPINGAN DAN PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM DALAM MELAKUKAN PROMOSI UMKM KREASI BOGA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 cover.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB II)
04 bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB III)
05 bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB IV)
06 bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB V)
07 bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)

Abstract

The mentoring of Kreasi Boga UMKM is chosen because it has great potential in the culinary industry, especially with the products of choux pastry and eclairs produced by Mrs. Susyeni Risnayanthy, not to mention its quite strategic location in the center of West Jakarta. Despite having quality products, Kreasi Boga faces challenges in branding and promotion on social media, particularly Instagram. Unattractive and inconsistent promotion is the main obstacle in increasing Kreasi Boga's brand awareness. This Final Project "Peduli Negeri" aims to advance the online promotional media planning for micro, small, and medium enterprises (UMKM) to assist UMKM entrepreneurs. Currently, UMKM are using online media as a means to sell or market their products or services, thus requiring knowledge of online marketing and Brand Awareness. In this assistance, the author uses social media for Kreasi Boga. The author uses a free platform, Instagram, which besides offering free features, is also very modern. The media selection is also based on the results of analysis conducted by the author during the research. The results of the assistance show a significant increase in brand awareness and audience engagement on Instagram. The content produced is more attractive and consistent. The number of followers and interactions on social media increased, and the UMKM owner understands the importance of creative content as well as consistently using design elements in promotion. Keywords: UMKM, Brand, Awareness, Media, Social Pendampingan UMKM Kreasi Boga dipilih karena memiliki potensi besar dalam industri kuliner, terutama produk kue soes dan eclair yang diproduksi oleh Ibu Susyeni Risnayanthy terlebih lagi lokasi yang cukup strategis dipusat kota Jakarta Barat. Meskipun memiliki produk berkualitas, Kreasi Boga menghadapi tantangan dalam branding dan promosi di media sosial, khususnya Instagram. Promosi yang kurang menarik dan tidak konsisten menjadi hambatan utama dalam meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) Kreasi Boga. Tugas Akhir Peduli Negeri ini bertujuan untuk memajukan perencanaan media promosi online pada usaha mikro kecil dan menengah yang akan membantu para pelaku UMKM. Saat ini UMKM menggunakan media online sebagai sarana untuk berjualan atau memasarkan produk atau jasanya , maka dari itu diperlukan pengetahuan pemasaraan melalui media online serta Brand Awareness. Dalam pendampingan ini penulis menggunakan media sosial pada Kreasi Boga. Penulis menggunakan platform gratis yaitu Instagram selain fitur gratis yang disediakan media sosial ini juga sangat modern. Pemilihan media juga berdasarkan hasil analisis yang penulis temuka selama melakukan riset. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan signifikan dalam brand awareness dan engagement audiens di Instagram. Konten yang dihasilkan lebih menarik dan konsisten. Jumlah followers dan interaksi di media sosial meningkat, dan pemilik UMKM memahami pentingnya konten kreatif serta konsisten menggunakan elemen desain dalam promosi. Kata Kunci: UMKM, Brand, Awareness, Media, Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 24 054
NIM/NIDN Creators: 44320010034
Uncontrolled Keywords: UMKM, Brand, Awareness, Media, Sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu > 658.022 Small Enterprises/Usaha Kecil
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.04 Management of Enterprises of Specific Forms/Pengelolaan Usaha dengan Bentuk Tertentu > 658.044 Unincorporated Business Enterprises/Badan Usaha Bukan Usaha
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:36
Last Modified: 27 Sep 2024 02:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91850

Actions (login required)

View Item View Item