PENDAMPINGAN PERENCANAAN DIGITALMARKETING UNTUKMENINGKATKAN BRAND AWARENESS MELALUI MEDIA SOSIALINSTAGRAM PADA UMKM BAKSO TEBAR (PERIODE MARET 2023 - JULI 2024)

URBANINGRUM, DEBBIE (2024) PENDAMPINGAN PERENCANAAN DIGITALMARKETING UNTUKMENINGKATKAN BRAND AWARENESS MELALUI MEDIA SOSIALINSTAGRAM PADA UMKM BAKSO TEBAR (PERIODE MARET 2023 - JULI 2024). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
07 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

In the Industry 4.0 era, information technology has turned into an all-digital era. The majority of UMKM perpetrators are now using Social media Instagram as a means to do Digital Marketing and increase Brand awareness. One of them is UMKM Bakso Tebar who has a goal in increasing Brand awareness on his Instagram account.In order to these goals, accuracy of planning is required up to the appropriate strategy to be optimal in achieving the goals. The event took place during the period March 2023 – July 2024 using an accompanying method at UMKM Bakso Tebar, where the accompanist Acted as a Strategic media planner and compiled digital marketing planning as a partner problem solution to enhance Brand awareness. The SMART method consists of Specific – Measurable – Achievable – Relavant – Time bound. Then it uses the concept of RACE Framework consisting of Reach – Act – Convert – Engage. The result of this assistance is an increase in the number of followers, engages, engages, likes, and comments. And then, as for many gains on the reach (reach) accounts, visualization of the published content has been captured, and the viewing of the instagram account @baksotebar is much more refined and conceptual. Later, though, the capability for has been able to plan a digital marketing strategy, the content brief independently and optimize the use of features on instagram. Keywords : Digital marketing, Brand Awareness, Social Media, Instagram, and UMKM. Di era industri 4.0 teknologi informasi sudah berubah menjadi era yang serba digital. Para pelaku UMKM mayoritas kini menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana untuk melakukan Digital Marketing dan meningkatkan Brand Awerness. Salah satunya UMKM Bakso Tebar yang memiliki tujuan dalam meningkatkan Brand awareness pada akun Instagramnya.untuk dapat mencapai tujuan tersebut, diperlukan ketepatan perencanaan hingga strategi yang sesuai agar optimal dalam mencapai target. Kegiatan ini berlangsung selama periode Maret 2023 – Juli 2024 dengan menggunakan metode pendampingan pada UMKM Bakso Tebar, dimana pendamping berperan sebagai Strategic media planner dan menyusun perencanaan digital marketing sebagai solusi permasalahan mitra untuk meningkatkan Brand awareness. Pada kegiatan Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN) ini menggunakan metode SMART Goals dan RACE Framework oleh Dave Chaffey. Metode SMART terdiri dari Specific – Measurable – Achievable – Relavant - Time bound. lalu menggunakan konsep RACE Framework yang terdiri dari Reach – Act – Convert – Engage. Hasil dari pendampingan ini adalah kenaikan pada jumlah Followers, Engagement, Impression, Likes, dan Comment. Kemudian juga memperoleh kenaikan pada akun yang dijangkau (Reach), lalu tampilan visualisasi pada konten yang di publikasikan juga sudah terkonsep, sehingga tampilan feeds akun instagram @baksotebar jauh lebih rapih dan terkonsep. Kemudian selain itu juga kemampuan pelaku UMKM Bakso Tebar dalam merencanakan strategi digital marketing, content brief sudah dapat secara mandiri dan mengoptimalkan penggunaan fitur-fitur pada Instagram. Kata Kunci : Digital marketing, Kesadaran Merek, Media Sosial, Instagram, dan UMKM.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 24 024
NIM/NIDN Creators: 44520010008
Uncontrolled Keywords: Digital marketing, Kesadaran Merek, Media Sosial, Instagram, dan UMKM.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:20
Last Modified: 25 Sep 2024 08:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91802

Actions (login required)

View Item View Item