PENGARUH BRAND AMBASSADOR NICHOLAS SAPUTRA PADA IKLAN NUGGET KANZLER TAHUN 2023 TERHADAP MINAT PEMBELIAN PADA MAHASISWA GENERASI Z (Survei Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Angkatan 2020)

AZIZAH, AZIZAH (2024) PENGARUH BRAND AMBASSADOR NICHOLAS SAPUTRA PADA IKLAN NUGGET KANZLER TAHUN 2023 TERHADAP MINAT PEMBELIAN PADA MAHASISWA GENERASI Z (Survei Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Angkatan 2020). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (798kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)

Abstract

The purpose of this study is to determine whether the Brand Ambassador, Nicholas Saputra, in the 2023 Kanzler Nugget advertisements on YouTube influences the purchase interest of students from the Faculty of Communication Sciences at Mercu Buana University, specifically Generation Z students from the 2020 batch. This study uses the S-O-R (Stimulus-Organism-Response) theory, which suggests that mass media can have a direct and immediate effect on the audience. The S-O-R theory is applied in this research through advertisements on social media platforms like YouTube. The research approach is quantitative, using a survey method where questionnaires were distributed to students of the Faculty of Communication Sciences, Mercu Buana University, Jakarta, from the 2020 batch. Out of a population of 369 students, a sample of 79 respondents was selected using Non-probability Sampling, specifically simple random sampling, and calculated using the Slovin formula. The data analysis techniques used include correlation coefficient analysis, determination coefficient analysis, simple linear regression analysis, and hypothesis testing using t-tests and f-tests. Based on the results of the study, there is a high correlation coefficient between the Brand Ambassador variable (X) and Purchase Interest (Y) of 0.760, indicating a strong and significant relationship. The Brand Ambassador has a 57.7% influence on Purchase Interest, with 21.3% being other factors. The hypothesis test results show a t-value of 10.248 > t-table 1.991 and an f-value of 105.017 > f-table 3.97, indicating that the Brand Ambassador has a significant effect on Purchase Interest. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh Brand Ambassador Nicholas Saputra pada iklan Nugget Kanzler tahun 2023 dalam media platform Youtube terhadap minat pembelian pada mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana generasi Z angkatan 2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori SOR dengan harapan media massa menimbulkan efek yang terarah, segera dan langsung terhadap komunikan. Teori S-O-R dalam penelitian ini diterapkan dalam iklan melalui media sosial seperti Youtube Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei disebarkan melalui kuesioner pada mahaiswa/I Universitas Mercu Buana Jakarta Fakultas Ilmu Komunikasi angkatan 2020. Dari populasi 369 mahasiswa/I, diambil dengan jumlah sampel 79 responden. Penarikan penelitian sampel menggunakan teknik Non-probability Sampling yaitu simple random sampling, menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, analisis regresi linear sederhana, dan untuk uji hipotesis, menggunakan uji t dan uji f. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan atau nilai koefisien korelasi yang tinggi antara variabel Brand Ambassador (X) dan Minat Pembelian (Y) yaitu sebesar 0,760 dinyatakan adanya pengaruh hubungan yang kuat dan signifikan. Brand Ambassador memberikan pengaruh sebesar 57,7% terhadap Minat Pembelian dan sebesar 21,3% merupakan faktor lain. Dan hasil uji hipotesis dengan nilai T yang didapat sebesar t-hitung 10,248 > t tabel 1,991 dan nilai F yang didapat sebesar f hitung 105,017 > f tabel 3,97 yang dinyatakan bahwa Brand Ambassador berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Pembelian.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 24 050
NIM/NIDN Creators: 44320010082
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Brand Nugget Kanzler, Minat Pembelian
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.2 Acquisitions and Collection Developtment/Akuisisi dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan > 025.23 Acquisition Through Purchase/Akuisisi Melalui Pembelian
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ANANDA NADIRA PUTRI
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:56
Last Modified: 24 Sep 2024 03:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91732

Actions (login required)

View Item View Item