SARI, PUTRI AULIA (2024) PEMAKNAAN PENONTON TERHADAP PESAN MOTIVASI PADA KONTEN "4 MENIT 3 CARA 1 KEPUTUSAN MENGUBAH MASA DEPAN" DALAM CHANNEL YOUTUBE @MerryRiana. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (455kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
||
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
Abstract
The theory used in this study uses Stuart Hall's Reception Analysis theory using Encoding/Decoding. This study uses the Constructivism Paradigm with a reception analysis method with a qualitative approach. The subjects of this study were students who were experiencing anxiety about the future. Data collection techniques were carried out using in-depth interview techniques. The results of this research show that Merry Riana's motivational message in the content ''4 Minutes 3 Ways 1 Decision to Change the Future'' was well received by the audience, in dominant audience acceptance there were nine informants, they succeeded in accepting that in the motivational content broadcast from Merry Riana can encourage the audience to overcome the anxiety factors about the future experienced by students. However, there is also audience negotiation reception where an informant does not fully understand or does not accept the messages conveyed in the video. They may have a different point of view or have needs that are not met by the content. Then in the Opposition reception, one informant said that Merry Riana did not provide relevant information and that her tips were not effective in increasing her achievements. Keywords : Analysis Recption, Motivational message, Content, YouTube. Kecemasan akan masa depan merupakan kekhawatiran bagi mahasiswa/i yang sedang menempuh pendidikan. Dalam hal ini menonton konten motivasi adalah salah satu cara pendekatan yang bisa membantu memberikan inspirasi dan dorongan untuk menghadapi masalah ini.Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan penonton terhadap pesan motivasi pada konten ‘ 4 Menit 3 Cara 1 Keputusan Mengubah Masa Depan’ dalam channel YouYube @MerryRiana. Teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori Analisis Resespi dari Stuart Hall dengan menggunakan Encoding/Decoding. Penelitian ini menggunakan Paradigma Konstruktivisme dengan metode analisis resepsi dengan pendekatan kualitatif.. Subjek penelitian dalam penelitian ini ialah mahasiswa yang sedang mengalami kecemasan akan masa depan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pesan motivasi Merry Riana pada konten ‘’ 4 Menit 3 Cara 1 Keputusan Mengubah Masa Depan’’ dapat diterima dengan baik oleh penontonnya, dalam penerimaan Dominan khalayak ada sembilan informan, mereka berhasil menerima bahwa dalam tayangan konten motivasi dari Merry Riana dapat mendorong para audiens mengatasi faktor kecemasan akan masa depan yang di alami pada mahasiswa. Namun, terdapat juga penerimaan Negosiasi khalayak dimana satu informan, tidak sepenuhnya memahami atau tidak menerima pesan-pesan yang disampaikan dalam video. Mereka mungkin memiliki sudut pandang yang berbeda atau memiliki kebutuhan yang tidak terpenuhi oleh konten tersebut. Lalu dalam penerimaan Oposisi satu informan mengatakan bahwa Merry Riana tidak memberikan informasi yang relevan dan bahwa tipsnya tidak efektif dalam meningkatkan pencapaian dalam dirinya. Kata Kunci : Analisis Resepsi, Motivasi, Konten, YouTube.
Actions (login required)
View Item |