DWIYANTI, DINI (2024) PEMAKNAAN MASKULINITAS DALAM MUSIK VIDEO BOYBAND KPOP NCT U “MAKE A WISH” (Analisis Semiotika Roland Barthes). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.
Text (Cover)
44120010127-Dini Dwiyanti-01 Cover - Dini Dwiyanti.pdf Download (653kB) |
|
Text (Bab 1)
44120010127-Dini Dwiyanti-02 Bab 1 - Dini Dwiyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
|
Text (Bab 2)
44120010127-Dini Dwiyanti-03 Bab 2 - Dini Dwiyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
|
Text (Bab 3)
44120010127-Dini Dwiyanti-04 Bab 3 - Dini Dwiyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
Text (Bab 4)
44120010127-Dini Dwiyanti-05 Bab 4 - Dini Dwiyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) |
|
Text (Bab 5)
44120010127-Dini Dwiyanti-06 Bab 5 - Dini Dwiyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
44120010127-Dini Dwiyanti-08 Daftar Pustaka - Dini Dwiyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text (Lampiran)
44120010127-Dini Dwiyanti-09 Lampiran - Dini Dwiyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
Abstract
stereotype that men have a standard, must be leaders, and have a more dominant aura. This standard is often related to stereotypes and gender norms that determine how a man should act, feel, and interact with others. Currently, masculinity has undergone a shift with the birth of Modern Masculinity, which has a different meaning from traditional masculinity. NCT U's music video "Make A Wish" provides a different perspective on masculinity that is not confined to existing stereotypes in society. This study aims to understand the meaning of masculinity portrayed in the NCT U music video "Make A Wish". Through this medium, the researcher wants to explain that through videos, implicit messages can also be conveyed. The type of research used is qualitative descriptive, which will describe how the meaning of masculinity is conveyed in this video through Roland Barthes' semiotic analysis. Data sources are obtained from primary and secondary data. The subject of this research is the music video "Make A Wish", and the research object is the meaning of masculinity through selected scenes. The research concludes that this music video has the meaning of Metrosexual Masculinity, in which the members use fashion or colors that usually reflect feminine sides and also use accessories such as necklaces, bracelets, earrings, and rings. This is one of the characteristics that shows they care about their appearance, do not have standards because women and men are equal, and are not ashamed to show their feminine side. Kata Maskulinitas sangat identik dengan seorang laki-laki, di masyarakat sendiri memiliki stereotipe jika laki-laki memiliki standar, harus menjadi pemimpin dan memiliki aura yang lebih dominan. Standar tersebut sering berkaitan dengan stereotip serta norma-norma gender yang menentukan bagaimana seorang laki-laki seharusnya bertindak, merasa, dan berinteraksi dengan orang lain. Saat ini Maskulinitas sudah mengalami pergeseran dengan lahirnya Maskulinitas Modern, yang memiliki makna berbeda dari Maskulinitas tradisional. Musik video milik NCT U ―Make A Wish‖ memberikan pandangan yang berbeda tentang Maskulinitas yang tidak terpaku pada stereotipe yang ada di Masyarakat Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pemaknaan Maskulinitas yang ditampilkan pada musik video NCT U “Make A Wish”. Melalui media ini, peneliti ingin memberikan pemaparan jika melalui Video juga bisa menyampaikan pesan yang tersirat di dalamnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang akan menggambarkan bagaimana makna Maskulinitas dalam video ini melalui analisis Semiotika milik Roland Barthes. Sumber data didapat dari data primer dan sekunder. Subjek dari penelitianini adalah Musik video “Make A Wish‖ serta objek penelitian ini adalah pemaknaan Maskulinitas melalui potongan scene. Penelitian menyimpulkan bahwa musik video ini memiliki Makna Maskulinitas Metroseksual, yang mana para member menggunakan fashion atau menggunakan warna yang biasanya mencerminkan sisi femini dan juga menggunakan aksesoris berupa kalung, gelang, anting dan juga cincin. Hal tersebut merupakan salah satu ciri bahwa mereka peduli dengan penampilan, tidak memiliki standar karena Perempuan dan laki-laki itu sama dan tidak malu menunjukkan sisi feminimnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44120010127 |
Uncontrolled Keywords: | Masculinity, Music Video, Semiotics Maskulinitas, Musik Video, Semiotika |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | WIDYA AYU PUSPITA NINGRUM |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:32 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 02:32 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91432 |
Actions (login required)
View Item |