ARDIANTI, ROSSIANA (2024) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL PADA UMKM PRODUK MAKANAN SEBLAK "YUMMY CAFE". S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
||
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Currently, numerous innovations have emerged across various business sectors, including the food industry. Yummy Cafe is a small food business that specializes in making a varienty of fresh seblak dishes with a unique blend of spices. However, the visual identity of the business does not accurately reflect its value, which has hindered its ability to establish a strong image and identity. To address this issue, the owner Yummy Cafe aims to redesign the logo and visual branding to align with the values of the business. The design process involves identifying the problem and conceptualizing ideas, collecting data, conducting a SWOT analysis, creating logo sketches, selecting the best logo design, digitizing the design, conducting feasibility tests, and presenting the final work. Therefore, the results of the visual identity redesign, which can help enhance the image, involve redesigning the logo and applying media that align with Yummy Cafe’s brand. Therefore, the result of redesigning the visual identity that can help improve the image of Yummy Cafe is to redesign the logo design and application of media accordingly so that consumers can recognize the brand and have an interest in buying products and can increase a positive image by consumers. Key Words: UMKM, Yummy Cafe, and Logo Designing Saat ini banyak sekali muncul inovasi baru dari berbagai bidang usaha, contohnya dalam bidang makanan. Yummy Cafe merupakan salah satu UMKM di bidang makanan dengan menyediakan berbagai macam produk seblak yang dibuat rumahan dengan membuat berbagai macam makanan seblak yang fresh dari bumbu racikan yang khas dengan menghasilkan rasa yang pedas. Namun identitas visual UMKM ini masih belum mencerminkan value sehingga masih belum kuat dalam menampilkan citra dan identitas usaha ini. Pemiliki Yummy Cafe membutuhkan identitas visual yang sesuai value dan mudah diingat sehingga dapat meningkatkan citra kepada konsumen dengan melakukan perancangan ulang desain logo yang baru dan sesuai dengan value. Metode perancangan yang dilakukan adalah menentukan masalah dan konsep ide, pengumpulan data, analisis SWOT, mind mapping dan matriks morfologi, sketsa logo, pemilihan sketsa logo, proses digital, final desain, uji kelayakan karya, perwujudan dan penyajian karya. Perancangan ulang identitas visual yang baik dan sesuai tentu akan menentukan citra brand seperti pandangan brand pada konsumen. Oleh karena itu hasil perancangan ulang identitas visual yang dapat membantu meningkatkan citra Yummy Cafe adalah dengan merancang ulang desain logo dan penerapan media yang sesuai sehingga konsumen dapat mengenal brand dan memiliki minat untuk membeli produk dan dapat meningkatkan citra positif oleh konsumen. Kata Kunci: UMKM, Yummy Cafe, Perancangan Logo
Actions (login required)
View Item |