PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTERING PADA DATA ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR UNTUK SEGMENTASI NASABAH

HARIANTO, ANDRI (2024) PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTERING PADA DATA ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR UNTUK SEGMENTASI NASABAH. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)

Abstract

This research aims to apply the K-Means Clustering method to motor vehicle insurance company customer data and to determine customer segmentation based on K-Means Clustering results on motor vehicle insurance company customer data. The method used in this research is a quantitative descriptive approach. The subject of this research is policy data from an insurance company. Data collection techniques in this research were observation, interviews, and literature study. Evaluation of research results in this study refers to the use of the Davies Bouldin Index (DBI) as a tool to assess the quality of segmentation results from the K-Means Clustering method. The research results show that the analysis and visualization of the segmentation results, both in the form of reports and distribution graphs, is expected to provide a clear understanding of the characteristics of each customer group. Finally, through this research, a report was produced that contributes to general understanding and progress in the use of the K-Means Clustering method in customer segmentation. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode K-Means Clustering pada data nasabah perusahaan asuransi kendaraan bermotor serta untuk mengetahui segmentasi nasabah berdasarkan hasil K-Means Clustering pada data nasabah perusahaan asuransi kendaraan bermotor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah data data polis dari salah satu perusahaan asuransi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi literatur. Evaluasi hasil penelitian dalam penelitian ini mengacu pada penggunaan Davies Bouldin Indeks (DBI) sebagai alat untuk menilai kualitas segmentasi hasil dari metode KMeans Clustering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis dan visualisasi dari hasil segmentasi tersebut baik dalam bentuk laporan dan grafik sebaran diharapkan dapat memberikan pemahaman yang jelas tentang karakteristik masing-masing kelompok nasabah. Terakhir melalui penelitian ini dihasilkan laporan yangmemberikan kontribusi pada pemahaman umum serta kemajuan dalam penggunaan metode K-Means Clustering dalam segmentasi nasabah.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 24 193
Call Number: SIK/15/24/146
NIM/NIDN Creators: 41519110013
Uncontrolled Keywords: Metode K-Means Clustering, Asuransi Kendaraan Bermotor, Segmentasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 360 Social Problems and Services/Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 368 Insurance/Asuransi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: ANANDA NADIRA PUTRI
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:53
Last Modified: 12 Sep 2024 02:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91200

Actions (login required)

View Item View Item