IMPLEMENTASI SIX SIGMA GUNA MEMPERBAIKI TUNGGAKAN PEMINJAM DIVISI DESK COLLECTION PADA PT XYZ

HASIBUAN, RINA FEBRIZI (2024) IMPLEMENTASI SIX SIGMA GUNA MEMPERBAIKI TUNGGAKAN PEMINJAM DIVISI DESK COLLECTION PADA PT XYZ. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)

Abstract

Problems faced by the Desk Collection division at PT. XYZ is the number of consumers who experience late payments on agreed loans. This research aims to find out the causes of late payments by consumers, strategies for implementing improvements so that consumers pay back on time and find out what achievement (success rate) is obtained after repairs. Improvement efforts were made by implementing Six Sigma through the DMAIC stages, namely Define, Measure, Analysis, Improve and Control using Pareto diagrams, Fishbone Analysis, Why Analysis and 5W+1H to identify the root of the problem and make improvements to the problem. The research results obtained by implementing Six Sigma were that the root of the problem and the strategy for implementing improvements were obtained so that an increase in payment achievement (success rate) was obtained, namely from 66% before the improvement to 71% after the improvement, or an increase of 5%. Through the implementation strategy of the improvements made, it is hoped that PT. XYZ Keywords: DMAIC, Pareto diagram, Fishbone Analysis, Loan Arrears, Why Analysis Permasalahan yang dihadapi oleh divisi Desk Collection pada PT. XYZ adalah banyaknya konsumen yang mengalami keterlambatan pembayaran atas pinjaman yang disepakati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab konsumen terlambat pembayaran, strategi penerapan perbaikan untuk konsumen membayar kembali tepat waktu dan mengetahui berapa pencapaian(sukses rate) yang diperoleh setelah perbaikan. Upaya perbaikan dilakukan dengan dengan Implementasi Six Sigma melalui tahapan DMAIC yaitu Define, measure, Analysis ,Improve dan Control dengan menggunakan Diagram pareto, Fishbone Analysis, Why Analysis dan 5W+1H untuk mengidentifikasi akar permasalahan serta melakukan perbaikan permasalahan tersebut. Hasil penelitian diperoleh dengan implementasi Six Sigma adalah didapatkan akar permasalahan serta strategi penerapan perbaikan sehingga diperoleh adanya peningkatan pencapaian pembayaran ( sukses rate ) yaitu dari 66% sebelum perbaikan menjadi 71% setelah perbaikan, atau peningkatan sebesar 5%. Melaluistrategi penerapan perbaikan yang dilakukan diharapkan agar PT.XYZ dapat terus mengurangi resiko konsumen menunggak sehingga didapatkan peningkatan pencapaian sesuai dengan tujuan perusahaan, dan penelitian ini juga membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut mengenai penanganan yang efektif dalam mengurangi tunggakan peminjam. Kata Kunci : DMAIC, Diagram pareto, Fishbone Analysis,Tunggakan Pinjaman, Why Analysis .

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/551. 24 059
Call Number: TM/51/24/051
NIM/NIDN Creators: 55122110071
Uncontrolled Keywords: DMAIC, Diagram pareto, Fishbone Analysis,Tunggakan Pinjaman, Why Analysis .
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.01-657.09 Standard Subdivisions/Sub Divisi Standar
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:02
Last Modified: 03 Sep 2024 06:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91104

Actions (login required)

View Item View Item