PEMANFAATAN X (TWITTER) SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI DAN INFORMASI HUMAS RADIO MERCU BUANA

ANGGRAINI, MELA (2024) PEMANFAATAN X (TWITTER) SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI DAN INFORMASI HUMAS RADIO MERCU BUANA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)

Abstract

Along with the development of digital technology, social media such as X (Twitter) has become a significant platform in delivering information and building communication with the public at large. This is due to the increasing information and communication needs of the community and the different types of information needs. The purpose of this study is to determine and describe how the utilization of X (Twitter) as a publication and information media for Radio Mercu Buana's public relations. This study examines how the utilization of social media X (twitter) as a publication and information media for Radio Mercu Buana's public relations using the 4C component created by Chris Heuer, namely Context, Communication, Collaboration, Connection. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. . The data collection technique is through in-depth interviews with Radio Mercu Buana public relations and several active followers of the X (Twitter) account @RadioMercu Buana and observation by observing the content of tweets, retweets, and user interactions. The results showed that Twitter is optimal in reaching a wider audience quickly and efficiently, and enables two-way interactions that strengthen public engagement and loyalty. In addition, this study found that the use of hashtags, content visuals and responsive interactions are key factors that increase the visibility and effectiveness of published messages. This study provides insights for communication practitioners on how to maximize the potential of X (Twitter) as a publication and information tool, and offers practical recommendations for improving communication strategies on digital platforms. Seiring dengan berkembangnya teknologi digital, media sosial seperti X (Twitter) telah menjadi platform yang signifikan dalam menyampaikan informasi dan membangun komunikasi dengan publik secara luas. Hal ini di karnakan kebutuhan informasi dan komunikasi masyarakat yang semakin meningkat dan jenis kebutuhan informasi yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan Bagaimana Pemanfaatan X (Twitter) sebagai media publikasi dan informasi humas Radio Mercu Buana. Penelitian ini meneliti bagaimana pemanfaatan media sosial X (twitter) sebagai media publikasi dan informasi humas Radio Mercu Buana menggunakan komponen 4C yang diciptakan oleh Chris Heuer yaitu Context (Konteks), Communication (Komunikasi), Collaboration (Kolaborasi), Connection (Koneksi). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif degan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara mendalam kepada humas Radio Mercu Buana dan beberapa folowers aktif akun X (Twitter) @RadioMercu Buana dan observasi dengan mengamati konten dari tweet, retweet, dan interaksi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Twitter optimal dalam mencapai audiens yang lebih luas secara cepat dan efisien, serta memungkinkan interaksi dua arah yang memperkuat keterlibatan dan loyalitas publik. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan hashtag, visual konten, dan interaksi responsif adalah faktor kunci yang meningkatkan visibilitas dan efektivitas pesan yang dipublikasikan. Studi ini memberikan wawasan bagi praktisi komunikasi tentang bagaimana memaksimalkan potensi X (Twitter) sebagai alat publikasi dan informasi, serta menawarkan rekomendasi praktis untuk meningkatkan strategi komunikasi di platform digital.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 165
NIM/NIDN Creators: 44220010241
Uncontrolled Keywords: Publikasi, Informasi, Komunikasi, Media Sosial, Twitter
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast > 070.194 Radio/Radio
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ANANDA NADIRA PUTRI
Date Deposited: 30 Aug 2024 04:35
Last Modified: 30 Aug 2024 04:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90890

Actions (login required)

View Item View Item