RESEPSI EDUKASI OTOMOTIF PADA YOUTUBE FITRA ERI DALAM KONTEN “BEGINI RASANYA MAUNG YANG VIRAL ITU?”

Hadipradana, Djanuar Anom (2024) RESEPSI EDUKASI OTOMOTIF PADA YOUTUBE FITRA ERI DALAM KONTEN “BEGINI RASANYA MAUNG YANG VIRAL ITU?”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (COVER)
44120010107-Djanuar Anom Hadipradana 01 Cover - Djanuar Pradana.pdf

Download (535kB)
[img] Text (BAB I)
44120010107-Djanuar Anom Hadipradana 02 BAB I PENDAHULUAN - Djanuar Pradana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB II)
44120010107-Djanuar Anom Hadipradana 03 BAB II TINJAUAN PUSTAKA - Djanuar Pradana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text (BAB III)
44120010107-Djanuar Anom Hadipradana 04 BAB III METODE PENELITIAN - Djanuar Pradana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB IV)
44120010107-Djanuar Anom Hadipradana 05 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN - Djanuar Pradana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img] Text (BAB V)
44120010107-Djanuar Anom Hadipradana 06 BAB V KESIMPUAN DAN SARAN - Djanuar Pradana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44120010107-Djanuar Anom Hadipradana 08 DAFTAR PUSTAKA - Djanuar Pradana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44120010107-Djanuar Anom Hadipradana 09LAMPIRAN - Djanuar Pradana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

YouTube merupakan salah satu platform yang memiliki konten beragam. Salah satunya adalah Influencer Fitra Eri Purwotomo dengan nama channel YouTube-nya “Fitra Eri” yang memiliki konten berhubungan dengan otomotif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi edukasi otomotif pada YouTube Fitra Eri dalam konten “Begini Rasanya Maung Yang Viral Itu?” bagaimana posisi khalayak berada pada hegemoni dominan, negosiasi, atau oposisi. Penelitian ini menggunakan teori dasar encoding-decoding menurut pendapat Stuart Hall. Paradigma yang digunakan menggunakan konstruktivisme. Peneliti memilih metode penelitian kualitatif dengan analisis resepsi untuk menentukan posisi khalayak dalam memaknai isi pesan di media. Terdapat tiga kategori untuk menentukan posisi khalayak, yaitu hegemoni dominan, negosiasi, dan oposisi. Subjek pada penelitian ini merupakan tiga belas mahasiswa Universitas Mercu Buana yang memiliki ketertarikan pada bidang otomotif dan mengikuti kanal YouTube Fitra Eri. Hasil penelitian ini menunjukkan: resepsi mengenai mobil Pindad yang diperjual-belikan kepada masyarakat sipil terdapat enam informan pada posisi hegemoni dominan, lima informan pada posisi negosiasi, dan dua informan pada posisi oposisi. Pada sistem keamanan dan kenyamanan mobil Pindad terdapat dua belas informan pada posisi hegemoni dominan dan satu informan pada posisi negosiasi. Mengenai desain mobil Pindad terdapat enam informan pada posisi hegemoni dominan dan empat informan pada posisi negosiasi. Sehingga, hal ini menunjukkan bahwa resepsi khalayak lebih banyak berada pada posisi hegemoni dominan. Karena menganggap konten yang disajikan informatif, edukatif, dan menghibur, serta mengapresiasi gaya penyampaian yang mudah dipahami. Dalam channel YouTube Fitra Eri disarankan untuk dapat memastikan kualitas video dan audio selalu berada pada tingkat yang tinggi, Teknik editing yang menarik, serta menciptakan forum diskusi atau grup di media sosial di mana penonton bisa berdiskusi lebih lanjut tentang topik otomotif. YouTube is one of the platforms that has diverse content. One of them is Influencer Fitra Eri Purwotomo with his YouTube channel name "Fitra Eri" which has automotive-related content. This study aims to analyze the reception of automotive education on YouTube Fitra Eri in the content "Begini Rasa Maung Yang Viral Itu?" how the audience's position is in dominant hegemony, negotiation, or opposition. This study uses the basic theory of encoding-decoding according to Stuart Hall. The paradigm used uses constructivism. The researcher chose a qualitative research method with reception analysis to determine the audience's position in interpreting the contents of messages in the media. There are three categories to determine the audience's position, namely dominant hegemony, negotiation, and opposition. The subjects in this study were thirteen students of Mercu Buana University who were interested in the automotive field and followed the Fitra Eri YouTube channel. The results of this study indicate: the reception regarding Pindad cars being traded to civilians, there were six informants in the dominant hegemony position, five informants in the negotiation position, and two informants in the opposition position. In the Pindad car security and comfort system, there are twelve informants in the dominant hegemony position and one informant in the negotiation position. Regarding the Pindad car design, there are six informants in the dominant hegemony position and four informants in the negotiation position. Thus, this shows that the audience's reception is more in the dominant hegemony position. Because they consider the content presented to be informative, educational, andentertaining, and appreciate the easy-to-understand delivery style. In the Fitra EriYouTube channel, it is recommended to ensure that the quality of the video and audio is always at a high level, interesting editing techniques, and create discussionforums or groups on social media where viewers can discuss further about automotive topics.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44120010107
Uncontrolled Keywords: Resepsi, Edukasi Otomotif, YouTube, Konten Otomotif, Media Baru. Reception, Automotive Education, YouTube, Automotive Content, New Media.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: SILMI KAFFA MARISKA
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:58
Last Modified: 26 Aug 2024 06:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90741

Actions (login required)

View Item View Item