Rafi, Ircham (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL X @KPU_ID TERHADAP PEMENUHAN INFORMASI DI KALANGAN FOLLOWERS PERIODE OKTOBER 2023 – FEBRUARI 2024. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.
Text (COVER)
44220010279 - Ircham Rafi - 01 Cover - Ircham Rafi.pdf Download (555kB) |
|
Text (BAB I)
44220010279 - Ircham Rafi - 03 Bab 1 - Ircham Rafi.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
|
Text (BAB II)
44220010279 - Ircham Rafi - 04 Bab 2 - Ircham Rafi.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
Text (BAB III)
44220010279 - Ircham Rafi - 05 Bab 3 - Ircham Rafi.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
Text (BAB V)
44220010279 - Ircham Rafi - 07 Bab 5 - Ircham Rafi.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
44220010279 - Ircham Rafi - 09 Daftar Pustaka - Ircham Rafi.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
44220010279 - Ircham Rafi - 10 Lampiran - Ircham Rafi.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi modern memfasilitasi akses informasi harian melalui perkembangan alat komunikasi. Internet sebagai media baru memungkinkan komunikasi efisien tanpa batasan jarak dan waktu. Media sosial seperti X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, digunakan oleh perusahaan dan lembaga termasuk KPU untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh penggunaan media sosial X @KPU_ID terhadap pemenuhan informasi di kalangan followers. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori oleh Chris Heuer yang dikenal dengan 4C. Dimana teori ini menjelaskan mengenai komponen-komponen yang harus ada dalam penggunaan media sosial agar lebih mudah untuk memenuhi tujuan dari penggunan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan Kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Responden merupakan followers dari akun @KPU_ID di media sosial X yang diambil sebanyak 100 pengguna sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara penggunaan media sosial X @KPU_ID dengan pemenuhan kebutuhan informasi para followers. Dalam hasil uji Hipotesis menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh antara penggunaan media sosial X @KPU_ID dengan pemenuhan informasi di kalangan followers. The advancement of modern technology facilitates daily information access through the development of communication tools. The internet, as a new medium, allows for efficient communication without constraints of distance and time. Social media platforms like X, previously known as Twitter, are used by companies and institutions including the KPU to disseminate information to the public. The aim of this research is to determine the extent of the influence of the X social media account @KPU_ID on meeting the information needs of its followers. The theoretical foundation used in this research is Chris Heuer's 4C theory, which explains the components necessary in the use of social media to more effectively achieve the goals of social media use. This study employs a quantitative research method with a questionnaire as the data collection technique. The respondents are followers of the @KPU_ID account on social media X, with a sample size of 100 users. The research results indicate a very strong relationship between the use of the X social media account @KPU_ID and the fulfillment of information needs among its followers. The hypothesis test results show that H0 is rejected and H1 is accepted, meaning there is an effect of the use of the X social media account @KPU_ID on meeting the information needs of its followers.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44220010279 |
Uncontrolled Keywords: | Public Relations, Media Sosial, X, Pemenuhan Informasi Public Relations, Social Media, X, Information Fulfillment |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | SILMI KAFFA MARISKA |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 06:57 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 06:57 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90398 |
Actions (login required)
View Item |