PENGARUH PENGETAHUAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP INTENSI PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI METODE PEMBAYARAN DIGITAL (Studi Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Meruya)

RAMANDA, MALIA NASTIA (2024) PENGARUH PENGETAHUAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP INTENSI PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI METODE PEMBAYARAN DIGITAL (Studi Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Meruya). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)

Abstract

This study aims to analyze the influence of knowledge, perceived convenience, and perceived usefulness on the intention to use QRIS among Mercu Buana Meruya University students. The population studied were students who knew QRIS and had never used QRIS as a digital payment method, with a sampling technique, namely purposive sampling. The number of samples was calculated using the Hair formula, namely with a result of 110 respondents. The data analysis method used is the Partial Least Square Technique using SmartPLS statistical software version 4.0, with the research instrument being a questionnaire. The results of this research show that knowledge, perceived convenience and perceived benefits have a positive and significant effect on intentions to use QRIS as a digital payment method. Keywords: Knowledge, Perceived Ease of Use, Perceived of Usefulness, Intention To Use Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, persepsi kemudahan, dan persepsi manfaat terhadap intensi penggunaan QRIS pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Meruya. Populasi yang diteliti adalah mahasiswa yang mengetahui QRIS dan belum pernah menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran digital, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Hair, yaitu dengan hasil sebanyak 110 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Teknik Partial Least Square melalui software statistik SmartPLS versi 4.0, dengan instrumen penelitian adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran digital. Kata Kunci : Pengetahuan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Intensi Penggunaan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 24 260
Call Number: SE/31/24/196
NIM/NIDN Creators: 43120010068
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Intensi Penggunaan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 001 Knowledge/Ilmu Pengetahuan > 001.01-001.09 Standard Subdivision of Knowledge/Subdivisi Standar dari Pengetahuan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.2 Programming for Specific Computers, for Specific Operating Systems, for Specific User Interface/Pemrograman untuk Tipe Komputer, Sistem Operasi dan Tampilan Antar Muka Pengguna Tertentu
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi > 069 Museology (Museum science)/Museologi > 069.6 Personnel Management of Museum/Manajemen Personalia Museum > 069.63 Personnel Management/Manajemen Personalia
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 120 Epistemology/Epistemologi > 121 Theory of Knowledge/Teori Pengetahuan > 121.3 Origin, Sources, Means of Knowledge/Asal, Sumber, Sarana Pengetahuan > 121.34 Perception/Persepsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:05
Last Modified: 13 Aug 2024 07:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90199

Actions (login required)

View Item View Item