PENGARUH LEVERAGE, TAX AVOIDANCE DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2020-2022)

NURRIZKI, AKBAR (2024) PENGARUH LEVERAGE, TAX AVOIDANCE DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2020-2022). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

This study aims to test and analyze the effect of leverage, tax avoidance, and sales growth on firm value, leverage on firm value with company size as a moderating variable, tax avoidance on firm value with company size as a moderating variable and sales growth on firm value with company size as a moderating variable. The object of this research is manufacturing companies in the consumer goods industry sector listed on the Indonesia Stock Exchange in 2020 - 2022. This study uses secondary data with purposive sampling as a sampling method, so that a research sample of 37 companies is obtained. The data analysis method used is statistical analysis in the form of moderation regression analysis test and processed using the SPSS 22 application program. The results of this study indicate that leverage has a negative and significant effect on firm value, Tax avoidance has a positive and significant effect on firm value, Sales growth has a negative and significant effect on firm value, Company size cannot moderate the effect of Leverage on Firm Value, Company size is unable to moderate the relationship between Tax Avoidance on Firm value, Company size is unable to moderate the relationship between Sales Growth on Firm value. Keywords: Leverage, Tax Avoidance, Sales Growth, Company Value, Company Size, Moderating Variables Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh leverage, tax avoidance, dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan, leverage terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi, tax avoidance terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020 – 2022. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 37 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dalam bentuk uji analisis regresi moderasi dan diolah menggunakan program aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Tax avoidance berpegaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan., Pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan., Ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh Leverage terhadap Nilai Perusahaan, Ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi hubungan antara Tax Avoidance terhadap Nilai perusahaan, Ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi hubungan antara Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai perusahaan. Kata Kunci : Leverage, Tax Avoidance, Pertumbuhan Penjualan, Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Variabel Moderasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 24 177
Call Number: SE/32/24/113
NIM/NIDN Creators: 43220110116
Uncontrolled Keywords: Leverage, Tax Avoidance, Pertumbuhan Penjualan, Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Variabel Moderasi
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 336 Public Finance/Keuangan Negara > 336.2 Taxes and Taxation/Pajak dan Perpajakan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri > 338.9 Economic Development and Growth/Perkembangan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 670 Manufacturing/Manufaktur, Pabrik-pabrik > 670.1-670.9 Standard Subdivisions of Manufacturing/Subdivisi Standar Dari Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:50
Last Modified: 13 Aug 2024 06:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/90198

Actions (login required)

View Item View Item