BOARD GAME MEDIA PEMBELAJARAN BERBAHASA UNTUK ANAK TUNARUNGU

JATIKUSUMO, KUNCORO (2018) BOARD GAME MEDIA PEMBELAJARAN BERBAHASA UNTUK ANAK TUNARUNGU. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1 COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN)
3 SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7 DAFTAR TABEL.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (BAB II)
11 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB III)
12 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text (BAB IV)
13 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
14 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (BAB VI)
15 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)

Abstract

KuBisa merupakan board game pertama yang dirancang khusus untuk pembelajaran berbahasa anak tunarungu. Pembuatan board game ini didasari oleh minimnya media pembelajaran yang menarik dan memotivasi anak agar lebih giat dalam proses pembelajaran bahasa padahal masih banyak anak-anak tunarungu yang memiliki kendala dalam pelajarannya baik itu dalam pelafalan huruf maupun penguasaan kosakata. Bahasan utama dalam board game ini adalah tentang pelafalan dan perbendaharaan kata. Mekanisme dan metode pembelajaran yang dipilih menyesuaikan kebutuhan dan cara belajar anak yaitu menggunakan metode MMR (metode maternal reflektif). Visual dan desainnya dirancang agar menarik minat dan perhatian anak dalam memainkan board game ini, sehingga bisa merangsang kemampuan interaksi sosial dan motivasi anak agar lebih giat dalam proses pembelajaran bahasa.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41913120059
Uncontrolled Keywords: tunarungu, board game, pembelajaran, bahasa, anak, kosakata, keterlambatan bicara
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.1 Memory and Learning/Memori dan Pembelajaran > 153.15 Learning/Pembelajaran
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 726 Buildings for Religious Architecture/Arsitektur Bangunan Keagamaan > 726.5 Church Architecture/Arsitektur Gereja > 726.51 Design, Decoration, Construction of Structural Elements/Desain, Dekorasi, Struktur
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Depositing User: ANANDA NADIRA PUTRI
Date Deposited: 20 Jul 2024 05:55
Last Modified: 20 Jul 2024 05:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/89676

Actions (login required)

View Item View Item