LAVIYANA, PUTRI (2024) INTERPRETASI KHALAYAK MENGENAI KONTEN INSTAGRAM @temanbaik.rachelvennya DALAM MEMBANGUN CITRA DIRI PADA INFLUENCER RACHEL VENNYA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak.pdf Download (68kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
||
Text (BAB II)
04. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text (BAB III)
05. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text (BAB IV)
06. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
||
Text (BAB V)
07. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
Abstract
The @temanbaik.rachelven account has made efforts to build the selfimage of influencer Rachel Vennya, one of which is carrying out social sharing activities with underprivileged people around the DKI Jakarta area. This research aims to determine the audience's interpretation of Instagram content in informing the social sharing activities carried out by Good Friends Volunteers on their Instagram account @temanbaik.rachelvennya. The literature review in the research consisted of five previous studies. Theoretical studies include Communication, Encoding-Decoding, New Media, Social Media, Content, Reception Theory, Influencers. In the Encoding-Decoding process, audiences can be categorized into 3 positions, namely, Dominant Hegemony, Negotiation, and Oppositional. This research uses a constructivist paradigm with 7 informants from different statuses. Data collection techniques in this research are in-depth interviews and observation. This research uses data analysis techniques to interpret the message received by the audience using the Stuart Hall encodingdecoding method. The results of the research show that on the Instagram account @temanbaik.rachelven, the audience knows about Instagram @temanbaik.rachelven through various sources found, both through the influencer's personal Instagram, explore, Instagram stories, explore, and some also from friends. The audience's interpretation of the two contests, namely April 17 2023 and June 7 2023, has different meanings according to the audience's position. Keywords: Interpretation, Audience Reception Analysis, Instagram, Self-Image. Akun @temanbaik.rachelvennya telah melakukan upaya untuk membangun citra diri dari influencer Rachel Vennya salah satunya melakukan kegiatan sosial berbagi kepada orang tidak mampu di sekitar wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interpretasi khalayak terhadap konten Instagram dalam menginformasikan kegiatan sosial berbagi yang dilakukan Relawan Teman Baik pada akun Instagram @temanbaik.rachelvennya. Tinjauan Pustaka dalam penelitian terdiri lima penelitian terdahulu. Kajian teoritis meliputi Komunikasi, Encoding-Decoding, New Media, Media Sosial, Konten, Teori Resepsi, Influencer. Pada proses Encoding-Decoding khalayak dapat dikategorikan ke dalam 3 posisi yaitu, Dominant Hegemoni, Negosiasi, dan Oppositional. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivis dengan pendekatan kualitatif metode penelitian analisis resepsi dengan informan sebanyak 7 informan dari status yang berbeda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer menggunakan wawancara mendalam dan observasi sedangkan data sekundernya menggunakan studi literatur. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data dengan pemaknaan pesan yang diterima khalayak dengan menggunakan encoding-decoding Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukkan Interpretasi khalayak terhadap 2 konten yakni 17 April 2023 dan 7 Juni 2023 memiliki pemaknaan yang berbeda-bedaa. Interpretasi pada posisi Dominant Hegemoni dilatarbelakangi oleh informan yang cenderung memiliki ketertarikan terhadap keberagaman suatu konten, sedangkan Negosiasi cenderung memiliki penilaian yang sama tetapi melakukan penyesuaian pada beberapa kategorisai, Oposisi memiliki pendapat yang bertentangan terhadap isi konten. Kata Kunci : Interpretasi Khalayak, Resepsi, Instagram, Citra Diri.
Actions (login required)
View Item |