MAKNA TAYANGAN IKLAN BLUE BIRD VERSI BERBENAH UNTUK BERUBAH DI MEDIA ONLINE (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure)

FARRAHDIBA, SHINDY (2017) MAKNA TAYANGAN IKLAN BLUE BIRD VERSI BERBENAH UNTUK BERUBAH DI MEDIA ONLINE (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Iklan merupakan berita pesanan yang bertujuan untuk mendorong atau membujuk orang tertarik pada suatu produk, baik itu berupa barang atau jasa. Sebuah iklan selalu berisikan banyak tanda. Tanda-tanda tersebut tersusun dalam struktur teks iklan yang mengandung lambang verbal dan visual yang memiliki makna tertentu. Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap dunia periklanan yang ditayangkan melalui media online terutama iklan Blue Bird versi “Berbenah untuk Berubah”. Iklan tersebut menyajikan pesan dan produk dalam satu paket, dimana perusahaan memuat pengakuan mereka lamban untuk berubah dan meminta kesempatan pada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemaknaan pesan yang terkandung dalam iklan Blue Bird versi “Berbenah untuk Berubah” di media online. Dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan dari Ferdinand De Saussure, yakni signifier (penanda) bunyi atau coretan bermakna, dan signified gambaran mental dari penanda. Hubungan antara keberadaan fisik tanda atau konsep mental tanda tersebut dinamakan signification. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif intrepretatif dengan pendekatan analisa semiologi komunikasi. Penelitian ini hanya memaparkan situasi atau wacana, tidak mencari hubungan, tidak menguji hipotesis. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif, sehingga data bersifat kategori substansif yang kemudian diinterpretasikan dengan rujukan, acuan, dan referensi-referensi ilmiah. Dari analisis yang telah dilakukan, makna pesan dari iklan Blue Bird versi “Berbenah untuk Berubah” adalah meskipun mereka tertinggal dari segi teknologi dan perkembangan lainnya, ada satu hal yang tidak berubah yaitu nilai-nilai yang dipegang. Nilai-nilai tersebut adalah nilai keamanan, kekeluargaan, kedisiplinan, pertanggungjawaban. Makna ‘Berubah’ dalam iklan ini adalah seruan mereka sedang bersiap-siap.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 17 083
NIM/NIDN Creators: 44312120080
Uncontrolled Keywords: Periklanan, Media Online, Komunikasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: NAJLA
Date Deposited: 07 May 2024 02:06
Last Modified: 07 May 2024 02:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88555

Actions (login required)

View Item View Item