AGUSTI, ARSRI (2017) PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE MOTION GRAPHIC MATIKAN ROKOKMU ATAU ROKOK MEMATIKANMU. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Hal cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) |
||
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
||
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perancangan kampanye ini untuk merespon fakta bahwa adanya perokok tertinggi dikalangan remaja berusia 15-25 tahun. Berdasarkan hasil riset data perokok mengalami pelonjakan tinggi karena pengaruh promosi, sponsor rokok, dan iklan rokok lebih tinggi dibandingkan penyuluhan dan iklan penolakan bahaya merokok. Oleh karena itu kampanye ini dirancang untuk dijadikan solusi bagaimana cara mencegah perokok baru dan membuat penyadaran kepada perokok agar dapat berhenti merokok. Dengan menggambarkan pesan mengenai bahaya merokok yang merugikan dari segi kesehatan, segi ekonomi, segi kesehatan, serta informasi maraknya kasus narkoba yang berawal dari pintu rokok. Video ini ditujukan untuk remaja berusia 17-25 tahun. Dalam perancangan media, penulis memilih video motion graphic sebagai alat kampanye dengan menggunakan informasi ikon dan tanda yang dihadirkan pada setiap pesan yang ditampilkan kepada target audience. Berdasarkan bedah referensi kampanye, penulis menemukan gagasan untuk mengaitkan hasil penelitian Badan Narkota Nasional mengenai maraknya kasus narkoba yang berawal dari pintu rokok. Karya video ini dapat digunakan sebagai penyuluhan Anti Narkoba, penulis telah melakukan uji coba 2 (dua kali) yaitu uji coba tanggal 6-7 mei pada penyuluhan anti narkoba di Desa Sukakerta, Cianjur. Kedua uji coba ruang pamer, universitas mercu buana dengan target audience mahasiswa/i universitas mercu buana. Dari hasil rancangan yang penulis dapatkan dari respon pengunjung, penulis menemukan beberapa respon tentang keterkaitan ikon dan materi isi pesan sangat mendukung.The design of this campaign to respond to the fact that the existence of the highest smoker among adolescents aged 15-25 years. Based on the research data of smokers experienced a high surge because of the influence of promotion, cigarette sponsor, and cigarette advertisement is higher than counseling and ad denial of the dangers of smoking. Therefore, this campaign is designed to be a solution how to prevent new smokers and make awareness to smokers in order to stop smoking. By describing the message about harmful tobacco harm in terms of health, economic aspects, health terms, and information rampant drug cases that originated from the door of cigarettes. This video is intended for teenagers aged 17-25 years. In media design, the authors choose motion graphic video as a campaign tool by using information icons and signs presented on each message displayed to the target audience. Based on campaign reference surgery, the authors found the idea to link the research results of the National Narcotics Agency about the rampant drug cases that originated from the cigarette door. This video work can be used as an Anti Drugs counseling, the author has conducted a trial 2 (twice) ie trial on 6-7 mei on anti-drug counseling in Sukakerta Village, Cianjur. Both experimental showrooms, universities and universities with the target audience of students mercubuana, university. From the results of the design that the authors get from the response of visitors, the authors find some responses about the language that should be better understood public.
Actions (login required)
View Item |