RAMADHINI, WULAN NOVIANTI (2024) PENGARUH PESAN KAMPANYE #AMANBERSAMAGOJEK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @GOJEKINDONESIA TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN LAYANAN TRANSPORTASI GOJEK (Survei Terhadap Followers Akun Instagram Gojek Indonesia). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
01.COVER.pdf Download (444kB) |
|
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB I)
03.BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
|
Text (BAB II)
04.BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
Text (BAB III)
05.BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
|
Text (BAB IV)
06.BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
Text (BAB V)
07.BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.DAFTAR PUSAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
09.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
Abstract
This research focuses on the extent of influence of the #AmanBersamaGojek campaign message on social media Instagram @gojekindonesia account on the decision to use Gojek transportation services. The #AmanBersamaGojek campaign was initiated by Gojek to create a public space that is safe and friendly for women, so that it can become a reference source that is able to provide knowledge, change people's perceptions and behavior, especially in using Gojek transportation services. This research uses a quantitative approach with a causal positivism paradigm, namely the cause-and-effect relationship of the two variables. The method used was a survey of 1,200,000 followers of the @gojekindonesia Instagram account. Researchers collected data by distributing questionnaires to 100 respondents using a non probability sampling technique, namely purposive sampling. The research results shows that there is a significant influence between the #AmanBersamaGojek campaign message on the decision to use Gojek transportation services with a percentage level of 69.4%. There is an influence of campaign messages on usage decisions as evidenced by the calculated T value of 14,896 > t table 1.2905 with a significance of 0.000 < 0.1. Based on these results, it is known that the results of the hypothesis, namely H0 is rejected and H1 is accepted, then indicating that there is an influence of the campaign message on usage decisions. Keywords: Campaign Message, Gojek, Usage Decisions, Instagram Penelitian ini berfokus pada sejauh mana pengaruh pesan kampanye #AmanBersamaGojek melalui media sosial Instagram pada akun @gojekindonesia terhadap keputusan menggunakan layanan transportasi Gojek. Kampanye #AmanBersamaGojek digaungkan oleh Gojek untuk menciptakan ruang publik yang aman dan ramah untuk perempuan, sehingga dapat menjadi sumber rujukan yang mampu memberikan pengetahuan, mengubah persepsi dan perilaku masyarakat khususnya dalam menggunakan layanan transportasi Gojek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivisme yang bersifat kausal yaitu hubungan sebab-akibat dari kedua variabel. Metode yang digunakan adalah survei pada followers akun Instagram @gojekindonesia yang berjumlah 1.200.000 followers. Peneliti mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling yakni purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pesan kampanye #AmanBersamaGojek terhadap keputusan menggunakan layanan transportasi Gojek dengan tingkat presentase sebesar 69,4%. Terdapat pengaruh pesan kampanye terhadap keputusan penggunaan terbukti dari nilai T hitung sebesar 14.896 > t tabel 1,2905 dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,1. Berdasarkan pada hasil tersebut, diketahui bahwa hasil pada hipotesis yaitu H0 ditolak dan H1 diterima sehingga menunjukkan adanya pengaruh pesan kampanye terhadap keputusan penggunaan. Kata Kunci: Pesan Kampanye, Gojek, Keputusan Penggunaan, Instagram.
Actions (login required)
View Item |