STORE ATMOSPHERE SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMBANGUN ENGAGEMENT DENGAN PENGUNJUNG (STUDI KASUS EATIME STORIES CAFÉ GROGOL 2023)

ANJELLIA, CELVIANA (2024) STORE ATMOSPHERE SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMBANGUN ENGAGEMENT DENGAN PENGUNJUNG (STUDI KASUS EATIME STORIES CAFÉ GROGOL 2023). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (376kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)

Abstract

Engagement is very necessary to build a business, managing store atmosphere is one of the efforts that can be made to build good relationships with visitors. Eatime Stories is a cafe with a unique concept and pays attention to store atmosphere in its management. The research purposes to discuss store atmosphere as a medium for building engagement based on exterior and interior elements. Descriptive research method with qualitative analysis techniques. Data collection techniques were obtained from interviews, observations and documentation. Interviews were conducted with the Manager and five visitors with a minimum of two visits. The results of the research showed that the exterior elements received a better response than the interior. However, overall both elements are good and provide comfort, except for Visibility, Widht Of Aisle, and Temperature. In this cafe you can find various unique things in terms of building concept, atmosphere and friendly service. So, the advice given is to expand marketing by adding signboards, expanding aisles, adjusting room temperature, and checking menu barcodes. In terms of marketing, there is still a need to increase interaction on social media accounts. Keywords: Store atmosphere, engagement, café, interior, exterior Sebuah engagement sangat diperlukan untuk membangun sebuah bisnis, pengelolaan store atmosphere menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membangun hubungan yang baik dengan pengunjung. Eatime Stories menjadi kafe dengan konsep yang unik dan memperhatikan store atmosphere pada tata kelolanya. Tujuan penelitian untuk membahas store atmosphere sebagai media untuk membangun engagement berdasarkan elemen exterior dan interior. Metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Manajer dan lima pengunjung dengan minimal melakukan dua kali kunjungan. Hasil penelitian, elemen exterior memperoleh tanggapan yang lebih baik dari interior. Namun jika secara keseluruhan kedua elemen sudah baik dan memberikan kenyamanan, kecuali pada Visibility, Widht Of Aisle, dan Temperature. Di kafe ini ditemukan berbagai keunikan dari segi bangunan konsep, suasana, dan pelayanan yang ramah. Sehingga, saran yang diberikan yaitu, memperluas pemasaran yang dilakukan dengan menambah papan nama memperluas lorong, mengatur suhu ruang, dan memeriksa barcode menu. Untuk segi pemasaran yang dilakukan masih perlu dilakukan peningkatan interaksi pada akun media sosial. Kata kunci: Store atmosphere, engagement, kafe, interior, exterior

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 24 009
NIM/NIDN Creators: 44320010011
Uncontrolled Keywords: Store atmosphere, engagement, kafe, interior, exterior
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:31
Last Modified: 07 Feb 2024 03:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85923

Actions (login required)

View Item View Item